22 Makanan Khas Bangka Belitung yang Terkenal Enak & Wajib Dicicipi

22 Makanan Khas Bangka Belitung yang Terkenal Enak & Wajib Dicicipi

Babel, itulah singkatan dari Bangka Belitung yang juga termasuk salah satu provinsi di Indonesia dengan banyaknya pulau yang menghiasi. Provinsi tersebut cukup unik karena terdiri dari dua pulau utama, yakni pulau Bangka dan pulau Belitung. Di samping itu masih banyak ratusan pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni. Selain memilki daya tarik perihal wisata alam, makanan tradisional Bangka Belitung juga cukup menyita perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Letak dari Babel sendiri cukup strategis dan layak disebut sebagai wilayah maritim. Posisinya berada di Selat Karimata, yakni sebuah selat yang menghubungkan Laut Jawa dengan Laut Natuna. Artinya, sebagian besar kawasan dari provinsi yang beribu kota di Pangkalpinang ini terletak di pesisir pantai. Maka tidak heran jika kebanyakan kuliner yang ada di sana berbahan dasar ikan laut. Meski demikian, bukan berarti tidak ada olahan masakan modern dengan bahan lain ya!

Perlu diketahui, Bangka Belitung sebenarnya termasuk bagian dari provinsi Sumatra Selatan. Pada tahun 2000 wilayah tersebut dipisah menjadi provinsi sendiri bersama dengan Gorontalo dan Banten. Dengan demikian, sudah sewajarnya jika beberapa makanan khas Bangka Belitung berikut juga ditemui di provinsi Sumatera Selatan!

1. Lempah Kuning

lempah kuning bangka belitung
Photo by Twitter Chi Inai

Sekilas tampak menyegarkan jika melihat makanan khas ini. Lempah kuning dibuat dengan bahan dasar ikan, khususnya ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Pada umumnya, olahan ini hanya mengambil bagian kepala ikan, namun ada juga yang menggunakan ekor atau bagian tengah jika kurang selera dengan kepalanya. Warna kuning dari kuah didapat dari rempah pilihan, ada kunyit, cabai, bawang putih, bawang merah dan sedikit campuran nanas.

2. Mie Belitung

Mie Belitung
Photo by Twitter Perupa Perkasa

Banyak jenis mie di berbagai penjuru nusantara, salah satu yang terkenal dan wajib dicoba yakni mie Belitung. Bahan dasar pembuatan mi tidak jauh berbeda dengan tempat lain. Hanya saja kuahnya yang tergolong unik karena menggunakan kaldu udang, kemudian ditambah rempah khas Belitung. Satu porsi mi umumnya menggunakan toping sayuran dan juga udang rebus yang pastinya menambah selera makan.

3. Berego

Berego bangka
Photo by Twitter Alimah Nawi

Kuliner khas Bangka Belitung selanjutnya adalah Berego. Bahan dasarnya dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Kedua bahan dicampur dan dibungkus plastik atau daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Sekilas mirip lontong jika dilihat dari bentuknya. Namun bedanya sudah jelas bawah lontong menggunakan bahan baku beras, sedangkan Berego tidak.

4. Lakse Belitung

Lakse Belitung
Photo by Twitter Indonesia Kaya

Kalau di Jawa ada kue Mayang, di provinsi yang terkenal dengan film Laskar Pelangi ini juga ada Lakse. Kedua makanan tersebut hampir mirip dari bentuknya, yakni sejenis mi yang digulung atau dibuat bulat. Warna dari Lakse cenderung putih pucat, berbeda dengan Mayang yang sering ditemui dengan berbagai macam warna. Makanan khas ini biasanya disantap dengan kuah gulai atau sup Gangan (sejenis Lempah Kuning).

5. Lempah Kulat

Lempah Kulat
Photo by Twitter Ica Sartika

Makanan yang sering kali ditemukan pada musim hujan ini mempunyai rasa gurih. Tidak mengherankan karena bahan dasarnya berupa Kulat, atau jamur dalam bahasa lokal. Seperti yang diketahui, jamur sering muncul pada musim hujan karena cuaca nya lembap. Lempah Kulat umumnya disajikan dengan kuah santan yang dicampur berbagai rempah khas Belitung.

6. Santan Kepiting

Santan Kepiting
Photo by Facebook LABIRU Tour

Bisa anda bayangkan bagaimana rasa kepiting yang dimasak dengan kuah santan. Rasa santan kepiting khas Bangka ini sangat gurih dengan aroma khas kepiting. Selain menggunakan kepiting sebagai bahan utama, warga lokal juga sering menggunakan rajungan. Tidak ada perbedaan dari bumbu yang digunakan, santan ditambah dengan rempah yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian direbus bersama bahan utama hingga bumbunya meresap.

7. Pempek Panggang

Pempek Panggang
Photo by Twitter poana

Tidak jauh berbeda dengan pempek Palembang, Pempek panggang dari Bangka ini juga terbuat dari bahan ikan segar dengan campuran tepung. Perbedaan terlihat dari proses memasaknya, pempek panggang jelas dilakukan dengan cara dibakar diatas bara api. Perbedaan lain dari isinya, pempek Palembang tidak ada isi di dalamnya, sedangkan pempek panggang berisi abon ikan atau cabai, juga dimakan dengan saus cuka.

8. Kue Jungkong

Kue Jungkong
Photo by Twitter ganjelanpintu

Pada umumnya kue mempunyai rasa manis, lain halnya dengan kue Jungkong yang justru berasa gurih. Bahan utamanya terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan campuran santan. Kue ini memiliki tiga lapis warna berbeda, yakni cokelat dibawah, hijau di tengah dan paling atas berwarna putih. Proses memasaknya sederhana, adonan dimasukkan dalam wadah tersendiri, kemudian dikukus hingga matang.

9. Cacak Ikan

Cacak Ikan
Photo by Instagram ummu sa

Seperti yang dikatakan di paragraf pembuka tadi, banyak jenis makanan khas Bangka Belitung berbahan dasar ikan laut, termasuk Cacak ikan. Tidak ada ketentuan dari jenis ikan yang digunakan, akan tetapi lebih sering dijumpai dengan bahan ikan tenggiri. Cukup beralasan karena tekstur daging ikan tersebut tebal dan baunya tidak begitu amis. Cacak ikan bentuknya bulat, hampir mirip dengan bakso ikan, namun bulatnya tidak sempurna.

10. Lokan Laut

Lokan Laut
Photo by Instagram Sol Freedoms

Selain jenis ikan, Bangka Belitung juga kaya akan hasil laut lain, salah satunya Lokan. Hewan ini mirip seperti tiram, namun lebih sering ditemukan di rawa atau daerah yang merupakan pertemuan antara air laut dengan air tawar. Cara mengolahnya tergantung selera, cukup direbus dengan sedikit tambahan garam sudah cukup menggugah selera. Apalagi jika anda menemukan olahan lokan dengan kuah santan atau Gangan, jangan ragu untuk langsung menikmatinya.

11. Mie Ayam Bangka

Mie Ayam Bangka
Photo by Twitter r i n

Selain mie Belitung yang mempunyai ciri khas menggunakan kuah kaldu udang, ada juga mie ayam Bangka yang tidak kalah nikmatnya. Kali ini tidak menggunakan kaldu udang sebagai kuahnya, melainkan kaldu ayam. Hampir mirip dengan mi ayam pada umumnya, hanya saja penggunaan rempah untuk kuahnya lebih meriah sehingga mempunyai cita rasa khas yang nikmat.

12. Martabak Bangka

Martabak Bangka
Photo by Twitter 𝕟𝕒𝕟𝕒⁷

Apa bedanya dengan martabak yang ada ditempat lain? Ketebalan, itulah perbedaan yang paling mencolok dan dapat dilihat kasat mata. Martabak Bangka yang berasa manis ini ketebalannya jauh diatas jenis martabak lain pada umumnya. Dikarenakan tebal, teksturnya juga berbeda karena yang ini lebih berserat ketika ditarik dari gigitan. Untuk bahannya tidak jauh berbeda, begitu juga dengan toping yang digunakan.

13. Sambal Rusip

Sambal Rusip
Photo by Twitter Laila Dimyati

Anda tau Tempoyak? Seperti itulah proses pembuatan dari sambal Rusip khas Bangka. Keduanya sama-sama melalui proses fermentasi, namun sambal ini tidak menggunakan durian sebagai bahan utamanya, melainkan ikan teri. Proses pembuatannya sangat sederhana, dengan bahan minimal pula. Ikan teri dibersihkan terlebih dahulu, kemudian diberi gula merah dan garam dan disimpan di tempat tertutup selama tujuh hari.

14. Belacan Belitung

Belacan Belitung
Photo by Twitter Sobat Budaya

Terasi, itulah perkiraan anda sekilas ketika mencium aroma dan melihat bentuknya. Memang tidak salah karena keduanya melalui proses pembuatan yang sama. Bahan utama dari Belacan Belitung yakni udang rebon yang ditumbuk atau digiling, kemudian difermentasi dan dikeringkan atau dijemur dibawah matahari langsung. Bedanya bisa dilihat dari tingkat kesempurnaan penjemuran, belacan digunakan dalam keadaan setengah kering.

15. Mie Koba

Mie Koba
Photo by Twitter 3ndi cool

Meskipun banyak dijumpai makanan khas dari Bangka Belitung dari jenis mie, namun semuanya mempunyai keunikan dan cita rasa masing-masing. Bahan mi yang digunakan dari jenis mi kuning dengan tekstur kenyal dan padat. Untuk kuahnya menggunakan kaldu ikan tenggiri dengan tambahan rempah pilihan seperti kayu manis, merica, bawang merah dan bawang putih. Disajikan dengan taoge dan bawang goreng, serta telur rebus, apakah anda yakin tidak ingin segera menyantap nya?

16. Pletek Khas Belitung

Pletek Khas Belitung
Photo by Twitter Belitung Terkini

Dari jenis camilan, ada yang namanya Pletek khas Bangka Belitung. Sejenis kerupuk ikan dengan bentuk oval tidak beraturan dengan ukuran kecil. Adapun ikan yang digunakan kebanyakan dari jenis ikan tenggiri, karena ikan tersebut mudah ditemukan di provinsi penghasil timah terbesar di Indonesia ini.

Sebagaimana kerupuk, Pletek juga mempunyai tekstur renyah dengan rasa gurih. Camilan ini cocok digunakan sebagai oleh-oleh dan tidak sulit menemukannya di pusat jajanan terdekat.

17. Getas Bangka Belitung

getas1
Photo by Twitter bungapapan_bangka

Jauhkan pikiran anda dari Getas yang banyak ditemukan di Jawa. Keduanya sangat berbeda, baik dari jenis bahan yang digunakan, tekstur, dan juga rasa yang dimiliki. Getas Bangka Belitung hampir mirip dengan Pletek. Rasnya gurih dan teksturnya juga renyah. Camilan yang cocok sebagai teman makan ini terbuat dari bahan ikan dan tepung. Masyarakat lokal menyebut Getas dengan nama lain kretek gurih.

18. Kue Rintak

Kue Rintak
Photo by Twitter Indonesia Kaya

Bagi anda penggemar kue, camilan khas Bangka Belitung ini wajib dicoba karena terkenal akan kelezatan nya. Kue Rintak terbuat dari bahan utama berupa tepung sagu, gula dan bahan lain yang dijadikan adonan. Kue ini dicetak membentuk bunga dengan lima mahkota, begitu cantik hingga mungkin sayang jika dimakan. Akan tetapi jika anda sudah tau bahwa rasa dari kue Rintak ini manis, gurih dan tidak membuat enek, tentu pikiran tersebut tidak akan terlintas.

19. Teri Krispi

Teri Krispi Bangka Belitung
Photo by Facebook Indonesia Kaya

Ikan teri merupakan jenis ikan dengan ukuran mini. Namun dibalik ukuran tersebut, teri banyak mengandung zat penting yang baik untuk kesehatan. Olahan teri dengan cara digoreng sebenarnya dapat membuat teksturnya renyah. Apalagi jika ditambah bumbu dan dibuat krispi, tentu semakin menggugah selera. Teri krispi mudah ditemui di Desa Sijuk karena di sanalah camilan ini berasal.

20. Kecalo

Kecalo
Photo by Instagram Dea Cakes

Apakah Kecalo sama dengan belacan? Dari bahan yang digunakan sama, begitu juga dari proses pembuatannya. Kecalo dan belacan sama-sama di proses dengan cara fermentasi menggunakan campuran garam, kemudian dibiarkan selama beberapa hari. Lama dari proses fermentasi itulah yang menjadi perbedaan dari keduanya. Kecalo membutuhkan waktu lebih singkat sehingga warnanya cenderung cerah, mendekati ungu.

21. Siput Gong Gong

Siput Gong Gong
Photo by Twitter Naseha

Bukan seperti siput darat tentunya, karena jenis siput tersebut berlendir dan menjijikkan. Siput Gong Gong merupakan salah satu hewan laun yang mudah ditemui di bebatuan atau tanah di pinggir pantai. Kuliner khas Babel ini cukup mudah dibuat, bersihkan kotoran yang menempel, kemudian rebus hingga matang. Warga setempat biasanya menyantap hidangan ini dengan sambal dan nasi hangat.

22. Kericu

Kericu
Photo by witter GenpiBangka_

Jika sebelumnya anda pernah merasakan camilan khas ini, pastinya sekarang masih bisa membayangkan bagaimana rasanya. Kericu tidak jauh berbeda dengan kerupuk jika berbicara mengenai teksturnya, karena sama-sama renyah. Ada perbedaan mencolok dari bahan dasar yang digunakan. Selain adonan kerupuk pada umumnya, Kericu mempunyai bahan tambahan berupa telur cumi-cumi dengan rasa gurih mantap.

Tentu masih banyak makanan khas Bangka Belitung yang tidak disebutkan. Akan tetapi daftar diatas setidaknya bisa mewakili dari sekian banyaknya kuliner lezat yang bisa ditemukan. Alangkah baiknya jika anda membuat jadwal di kala liburan tiba untuk mengunjungi provinsi tersebut. Selain berburu kuliner, tentunya anda bisa berwisata alam dengan kelaurga dan rombongan.