22 Makanan Khas Jambi yang Terkenal Enak & Wajib Dicicipi

22 Makanan Khas Jambi yang Terkenal Enak & Wajib Dicicipi

Dari sabang sampai merauke, Indonesia tidak lepas dari kekayaan alam yang menjadikannya banyak objek wisata yang harus dikunjungi. Tentunya belum lengkap jika anda tidak menikmati kuliner khas yang ada di daerah tersebut. Seperti halnya di Jambi, salah satu provinsi Indonesia ini tidak hanya dikenal Gentala Arasy atau Air Terjun Sigerincing saja, melainkan juga berbagai masakan khas Jambi dengan citarasa nikmat.

Banyak dari kuliner lezat di Jambi yang menggunakan bahan baku ikan, namun bukan berarti tidak ada bahan lain yang bisa digunakan. Salah satu provinsi di pulau Sumatera ini memilki banyak kuliner dengan berbagai rasa, pedas, manis, dan gurih adalah beberapa yang paling banyak ditemui. Ketika berkunjung, anda bisa dengan mudah menemukan berbagai makanan khas dari penjual di pinggir jalan. Bahkan Tugu Keris yang merupakan salah satu ikon Jambi juga banyak ditemukan pedagang yang menjual kuliner lezat dan nikmat, terutama di sore hari.

Kota Jambi adalah ibu kota dari provinsi Jambi, jadi jangan heran ketika anda menemukan banyak makanan tradisional dari daerah tersebut. Selain itu, beberapa masakan juga tidak jauh dari makanan yang ada di pulau Sumatera pada umumnya. Lebih lengkapnya, berikut makanan khas Jambi beserta sedikit penjelasan dan kelebihan masing-masing!

1. Kue Srikaya Jambi

Kue Srikaya Jambi
Photo by Instagram Blessing_Bakery

Sebagai pembuka, mari diawali dari makanan ringan atau kudapan jenis roti, yaitu kue Srikaya. Bahan utamanya dari tepung pada umumnya, namun kali ini ada campuran santan dan tape. Warnanya hijau alami karena menggunakan daun pandan. Campuran tersebut juga membuat aromanya wangi dengan rasa khas pandan. Cara membuatnya dengan cara dikukus, tentu setelah semua bahan dicampur dan diadu merata.

2. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan
Photo by Twitter Akses News

Ada tiga unsur dari nama kuliner lezat yang satu ini, yaitu gulai yang dijadikan kuah, kemudian ada tepek yang merupakan cara pembuatannya dengan di tepek atau dibuat pipih. Sedangkan ikan sudah dipastikan bahan utamanya yang berupa ikan.

Adapun jenis ikan yang sering digunakan yakni dari jenis ikan tenggiri atau ikan gabus. Rasa dari masakan yang satu ini dipastikan gurih karena ada kuah gulai, yang mana pembuatannya dari santan kelapa dan rempah pilihan.

3. Dodol Kentang Kerinci

Dodol Kentang Kerinci
Photo by Instagram Arlin Dan Reza

Bahan yang digunakan untuk membuat kudapan yang satu ini dari kentang yang diambil langsung dari kawasan Kerinci. Kawasan tersebut terkenal subur dengan didominasi perkebunan dan pertanian.

Dodol kentang Kerinci tidak hanya dari kentang, namun ada tambahan bahan berupa tepung ketan, gula, kelapa, dan masih banyak lagi. Teksturnya lembut dan kenyal, namun tidak lengket seperti halnya dodol Garut. Mengenai rasa sudah jelas terlihat dari bahan bakunya, yakni manis dan sedikit legit.

4. Kue Gandus

Photo by Twitter detikFood

Berikutnya ada kue Gandus yang menjadi salah satu kue khas Jambi dari jenis kudapan. Rasanya gurih dan terbuat dari tepung sagu, tepung beras, santan, dan bumbu halus dari rempah pilihan. Warna dari kue yang satu ini putih bersih dengan toping bawang goreng dan cabai di atasnya. Sekilas mata memandang bisa dipastikan membuat selera makan menjadi tinggi.

5. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk
Photo by Twitter Keeven

Jika di Jawa ada nasi uduk, di Malaysia ada nasi lemak, maka di Jambi ada nasi gemuk. Ketiganya sama, baik dari bahan yang digunakan maupun proses memasaknya. Nasi gemuk dimasak dengan campuran santan dan daun pandan.

Dari bahan yang digunakan, makanan ini mempunyai citarasa gurih, jauh berbeda dengan nasi pada umumnya. Untuk lauknya bisa disesuaikan dengan selera, namun kebanyakan menggunakan telur rebus dengan irisan daging ayam serta bawang goreng.

6. Daging Masak Hitam

Daging Masak Hitam
Photo by Twitter Ian *Warung Kita #SPCC #AZVaksin #TolakRUUKUHP

Persis dengan namanya, daging masak hitam mempunyai kuah berwarna hitam pekat dan kental, lebih mirip bumbu. Jika anda pernah tau semur betawi, seperti itulah warnanya, namun jauh berbeda dalam hal rasa.

Bahan dasarnya dari daging, bisa daging sapi atau kambing. Bumbu atau rempah yang dibuat untuk kuah antara lain lada, jintan, adas manis, ketumbar, kelapa sangrai dan lainnya. Rasanya gurih dan pedas, cocok disantap dengan nasi hangat dan kerupuk udang.

7. Dodol Nanas Khas Jambi

Dodol Nanas Khas Jambi
Photo by Instagram Eng Zhou

Tentunya ada yang kurang jika berkunjung ke Jambi tanpa membawa oleh-oleh bukan? Dodol nanas bisa anda masukkan dalam daftar belanja untuk buah tangan. Anda dapat mudah menemukan camilan yang satu ini di daerah Tangkit, karena di sanalah banyak terdapat perkebunan nanas. Rasanya manis legit dengan tekstur lembut dan empuk, mirip dengan dodol kentang diatas.

8. Lempok Durian Jambi

Lempok Durian Jambi
Photo by Twitter Aviatour

Selain terkenal akan hasil alam nanas, Jambi juga banyak menghasilkan buah durian dengan citarasa khas. Lempok durian dibuat hanya dengan dua bahan utama saja, yakni durian dan gula. Adapun tambahan garam hanya sedikit untuk memberikan rasa asin. Secara keseluruhan, makanan ringan yang satu ini berasa manis dengan tekstur mirip dengan buah durian aslinya.

9. Otak-Otak Khas Jambi

Otak-Otak Khas Jambi
Photo by Twitter BBp3Kp

Di Jawa Timur, tepatnya di Gresik, ada makanan khas yang juga bernama otak-otak. Namun kali ini berbeda, otak-otak khas Jambi menggunakan bahan baku utama berupa ikan tenggiri, bukan bandeng. Proses pembuatannya juga berbeda, yaitu dengan diambil dagingnya saja, kemudian dicampur dengan bahan lain dan tambahan rempah pilihan.

Selanjutnya, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Cara penyajiannya juga berbeda, bukan dengan saus cuka, melainkan saus cabai. Rasa gurih bercampur dengan pedas pastinya semakin menggugah selera, terutama bagi pecinta masakan pedas.

10. Pempek Jambi

Pempek Jambi
Photo by Twitter Travel Blogger l Evi Indrawanto

Apakah sama dengan pempek palembang? Proses memasaknya bisa dikatakan sama, namun dari bahan utama dan cara penyajiannya jauh berbeda. Pempek Jambi menggunakan bahan baku ikan tenggiri atau ikan belida. Bagi vegetarian juga masih bisa menikmati kudapan lezat yang satu ini karena ada jenis pempek yang terbuat dari sagu. Cara penyajian atau makannya dengan saus cuka dari campuran asam jawa, gula merah dan cuka putih.

11. Sup Tulang Jambi

Sup Tulang Jambi
Photo by Twitter Ica Sartika

Jangan membayangkan sup dengan isi tulang saja ya, dinamakan sup tulang karena tulangnya masih menyatu dengan daging selama proses masak. Prosesnya cukup lama untuk menghasilkan citarasa gurih dari kaldu yang keluar dari dalam tulang.

Dengan bumbu dan rempah pilihan, sup tulang Jambi mempunyai warna kuah bening yang menyegarkan. Rasa gurih bersatu dengan kenikmatan daging saat terlepas dari tulangnya, semakin mantap jika disantap selagi hangat dengan sambal pedas.

12. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan
Photo by Facebook Saniasi Rustam

Dari jenis sea food, kerutup ikan menjadi salah satu makanan khas Jambi yang tidak boleh anda lewatkan. Bahan utamanya dari ikan, namun bukan ikan laut, melainkan ikan air tawar seperti mujair dan ikan mas. Proses memasaknya dengan cara digoreng dan tergolong unik karena harus dibungkus daun pisang terlebih dahulu. Tambahan daun kunyit ketika proses penggorengan menjadikannya harum dan menggugah selera.

13. Kue Burgo

Kue Burgo
Photo by Twitter Travelista MI

Kue Burgo terbuat dari tepung sagu dan tepung beras yang diberi sedikit garam. Pembuatan kue yang satu ini cukup mudah, yakni dengan cara dikukus di dalam loyang. Bukan itu yang menjadikannya menarik, melainkan dari cara penyajiannya. Kue Burgo disajikan dengan kuah kaldu ikan dengan campuran udang. Ada juga pelengkap lauk berupa telur rebus yang dipotong kecil. Rasanya tetap gurih dan nikmat meskipun disantap dalam keadaan dingin.

14. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin
Photo by Twitter WGECA

Dikenal juga dengan gulai patin kuning, gulai ikan patin dari Jambi ini sangat nikmat dan menggugah selera. Proses memasak ikan tanpa digoreng, melainkan langsung direbus bersama dengan kuah dan bumbunya. Adapun bumbu khas yang digunakan yakni tempoyak dan santan. Dengan campuran rempah lain berupa lengkuas, kunyit, serai dan berbagai rempah khas lainnya, rasa yang ditawarkan semakin gurih dan lezat.

15. Cumi Cah Kangkung

Cumi Cah Kangkung jambi
Photo by Twitter Otw 60kg yuk bisa!!

Cumi cah kangkung juga layak diperhitungkan ketika anda mengunjungi Jambi. Caranya hampir sama dengan pembuatan cah kangkung pada umumnya, yaitu dengan cara di tumis. Tentu juga ada perbedaannya, yakni dari tambahan bumbu khas Jambi, dan pastinya cumi segar.

16. Kue Padamaran

Kue Padamaran
Photo by Twitter @mikrokosmos66

Kue Padamaran termasuk makanan tradisional yang ada di Jambi dengan citarasa gurih dan sedikit manis. Bahan utamanya dari beras ketan dan santan yang dibuat dengan cara dikukus. Sebelumnya, adonan dimasukkan kedalam wadah berupa daun pisang yang dibentuk kotak, dikenal dengan nama takir. Tekstur dari kuliner khas Jambi ini lembut, semakin menggugah selera karena adanya gula merah yang disiram di atasnya.

17. Bolu Kojo

Bolu Kojo
Photo by Instagram Levi EllA Lesar

Kuliner dari jenis makanan ringan atau kudapan yang satu ini cukup mudah dibuat. Bolu Kojo terbuat dari santan dan pandan yang dibentuk menyerupai bunga kamboja. Ada dua rasa utama ketika mencicipi camilan yang satu ini, yakni manis dan gurih. Cocok digunakan sarapan dengan kopi atau teh hangat sebagai teman nya.

18. Mie Celor

Mie Celor Jambi
Photo by Twitter Winnie

Anda bisa menemui jenis makanan yang satu ini di daerah lain, seperti Palembang dan Padang. Bahan yang digunakan sama, yakni mi yang terbuat dari adonan tepung terigu. Bedanya dari jenis sayuran yang digunakan, mie Celor Jambi menggunakan taoge dan kembang kol. Untuk kuahnya juga berbeda, tidak terlalu kental seperti di kedua daerah tersebut.

19. Kue Putri

Kue Putri
Photo by Twitter TTMan Sherina

Bentuknya mirip seperti kue lapis legit yang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Kue putri kandis terbuat dari adonan tepung dan kuning telur yang cukup banyak. Proses memasaknya dengan cara dikukus, rasanya manis dengan tekstur lembut dan sangat empuk. Jenis makanan ringan yang satu ini banyak ditemukan ketika ada acara adat atau pernikahan.

20. Kue Kubang Boyo

Kue Kubang Boyo
Photo by Twitter Ica Sartika

Dinamakan kue kubang boyo karena bentuknya mirip buaya yang terlihat bagian atasnya di permukaan air. Kue yang satu ini terbuat dari bahan utama tepung ketan dan pandan dengan isian gula merah dan parutan kelapa. Semakin nikmat ketika disajikan dengan kuah santan di dalam wadah kecil sehingga masih terlihat bagian atas kue.

21. Kue Muso

Kue Muso
Photo by Twitter ms_atiek

Masih seputar kue, kali ini kue Muso yang juga berasal dari jenis kudapan pengganjal perut. Bentuknya cukup unik, warna hijau di bagian tengahnya yang dikelilingi warna cokelat pada bagian samping. Bahan yang digunakan cukup banyak, meliputi tepung ketan, tepung terigu, telur, santan, pandan dan masih banyak lagi. Sebagaimana kue, jajanan tradisional ini juga berasa manis, namun ada sedikit gurih.

22. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng
Photo by Twitter Okezone

Di beberapa daerah pastinya tidak umum dengan kuliner ringan yang satu ini. Rambutan goreng dibuat dari buah rambutan yang diambil dagingnya, kemudian dijemur hingga kering. Langkah selanjutnya yaitu memberikan bumbu khas dari Jambi dan digoreng hingga sedikit kering.

Dari banyaknya makanan khas Jambi diatas, ada beberapa jenis makanan yang bisa anda buat di rumah. Namun tentunya rasa yang diberikan tidak senikmat di daerah asalnya. Oleh sebab itu, pastikan anda mencatat semua kuliner lezat diatas. Tidak menutup kemungkinan adanya masakan lain yang belum disebutkan, karena Jambi memang terkenal dengan banyaknya makanan tradisional dengan ciri khas tersendiri.