10 Makanan Khas Kulon Progo yang Terkenal & Wajib Anda Coba

10 Makanan Khas Kulon Progo yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Bila berkunjung ke Yogyakarta, selain menikmati wisata alam yang memanjakan mata dan wisata sejarah dengan berlatar cerita yang mengagumkan, memang sangat disayangkan bila melewatkan mencicipi kuliner khas yang terkenal menggugah selera. Saking banyaknya kuliner di Jogja, bisa saja anda bingung. Berikut beberapa makanan khas Kulon Progo yang bisa anda cicipi saat berkunjung.

1. Peyek Undur-Undur

Peyek Undur-Undur
Photo by Twitter IG #kapekupihapix

Jajanan khas Kulon Progo satu ini unik dan sayang bila tidak dicoba. Berbeda dengan peyek kebanyakan yang dibuat dari ikan asin, teri, atau kacang. Peyek khas yang satu ini menjadikan undur-undur yang diambil dari pantai Glagah sebagai bahan utama. Keunikan jajanan khas Kulon Progo ini membuat banyak wisatawan yang memburunya.

Kulit undur undur yang renyah dan daging dalam yang empuk mirip seperti daging udang itu dipadukan dengan santan lalu diberi tepung kanji. Setelah itu digoreng membuat kerenyahan peyek undur undur ini menggoda untuk dicoba. Tidak perlu susah mencari jajanan khas Kulon Progo satu ini, karena sudah banyak dijual di toko oleh oleh disekitar sana.

2. Enting-Enting Jahe

Enting-Enting Jahe
Photo by Facebook Nurchayati Sumarno

Berbahan campuran antara jahe dan gula merah, jajanan khas ini mempunyai kombinasi rasa pedas dan manis yang unik. Ditambah lagi sensasi dari kacang, vanili, kelapa, dan wijen yang menambah citarasa jajanan khas Kulon Progo ini menjadi lebih enak dan nagih.

Jajanan ini memang menjadi idola wisatawan dalam memilih oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kota asal. Selain mempunyai rasa yang sangat unik, jajanan ini juga sangat cocok dijadikan oleh oleh karena bisa tahan lama. Kudapan khas satu ini biasanya disajikan bersama dengan kopi hitam panas, atau wedang jahe.

3. Gula Semut

Gula Semut
Photo by Facebook GULA SEMUT KULON PROGO

Berbeda dengan gula lainnya, gula semut memang tergolong gula yang unik. Karena rasa dan warnanya yang mirip seperti gula merah yang biasanya berbentuk bongkahan tetapi mempunyai tekstur seperti gula pasir yang halus. Terbuat dari nira kelapa, jenis gula semut ini hanya bisa anda temukan di Kulon Progo saja.

Bagi masyarakat lokal, gula semut biasanya cocok untuk dijadikan pengganti gula putih saat minum teh ataupun kopi. Wajar jika gula ini menjadi favorit masyarakat lokal Kulon Progo, karena biasa digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam jajanan manis untuk keluarga.

Begitu populernya gula semut di daerah ini, sehingga gula semut ini bisa dengan mudah didapat di berbagai toko oleh-oleh. Dan tak jarang sejumlah produsen gula semut di Kulon Progo sudah melebarkan sayap produksinya dengan mengekspor gula ini hingga luar negeri.

4. Dawet Sambel

Dawet Sambel
Photo by Twitter @rasifm

Makanan khas Kulon Progo ini memang dari namanya saja sudah unik dan membuat anda bertanya-tanya. Masyarakat Indonesia dan Jawa khususnya sudah sangat mengenal dawet sebagai makanan manis berkuah santan. Tetapi bagaimana bila disajikan dengan sambel? Akan sangat menarik untuk dicoba sepertinya.

Makanan dawet sambel ini mungkin hanya ada di daerah kaya destinasi wisata ini. Dawet ini biasanya disajikan bersama sambel khusus, bawang goreng, dan juga kecambah. Sehingga menimbulkan citarasa yang luar biasa, yang pastinya patut anda coba bila berkunjung kesana. Citarasa yang tidak biasa ini dijamin akan membuat anda tidak bisa melupakannya.

Jajanan khas ini memang saat ini sudah tidak banyak yang menjualnya. Tetapi bila anda penasaran dengan kuliner khas Kulon Progo satu ini anda bisa datang ke kawasan wisata di Taman Sungai Mudal. Penjual dikawasan wilayah ini terkenal masih mempertahankan citarasa originalnya yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Dengan harga relatif masih murah, yaitu hanya Rp3000 untuk satu porsi dawet sambel, jajanan khas Kulon Progo ini akan sangat cocok bila dinikmati bersama-sama keluarga dan kawan perjalanan tanpa menguras isi kantong anda. Bagaimana, berniat mencoba jajanan unik satu ini?

5. Geblek

Geblek
Photo by Twitter Nasirullah Sitam

Geblek merupakan jajanan yang berbahan dasar tepung kanji dan tapioka yang adonannya diolah dengan cara digoreng. Jajanan yang unik dan enak ini berbentuk seperti angka delapan dan mempunyai warna yang putih bila digoreng. Rasanya gurih dan bertekstur kenyal akan membuat ketagihan memakannya.

Masyarakat lokal banyak yang mengkonsumsi geblek ini bersama tempe benguk yang juga jadi masakan khas daerah Kulon Progo. Tetapi juga tak jarang yang menikmati cemilan ini dengan saus kacang khusus yang rasanya tak kalah nikmat bila dipadukan.

6. Besengek/Tempe Benguk

Besengek Tempe Benguk
Photo by Twitter Kabar Jogjakarta

Masyarakat Indonesia pasti sangat familier dengan tempe yang sudah menjadi makanan olahan sehari hari. Makanan khas Indonesia ini bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Cara pengolahannya pun berbeda-beda disetiap wilayah. Begitu juga dengan daerah ini, yang mempunyai cara unik tersendiri mengolah tempe.

Dengan diberi campuran santan kental, tempe diolah menjadi makanan utama bersama lauk lainnya. Dikenal dengan nama besengek atau tempe benguk, jajanan khas Kulon Progo ini memang mempunyai bentuk yang kurang menarik, tetapi jangan remehkan rasanya yang unik. Rasa yang dominan gurih ini akan membuat anda ketagihan untuk mencicipinya.

7. Cenil dan Cetot

Cenil dan Cetot
Photo by Facebook Aroem PerumTerban Kudus

Jajanan khas Kulon Progo lainnya adalah cenil dan cetot. Dua jajanan ini memang mempunyai rasa yang hampir mirip, karena bahan dasar dan proses pembuatannya relatif sama. Cenil dan cetot ini dibuat dari singkong yang direbus yang kemudian dihaluskan dan dibentuk kecil.

Tampilan cenil cukup unik, dengan berbagai warna menarik seperti hijau, kuning, dan merah yang berasal dari pewarna makanan alami. cenil biasanya disajikan dengan diberi taburan kelapa parut. Perpaduan rasa manis dan gurih pada jajanan ini akan membuat anda ketagihan terus mencobanya. Apalagi tampilannya juga sangat cantik membuat penasaran.

Sedangkan cetot juga jajanan yang cukup menarik. Memiliki bentuk persegi serta warna penyajiannya yakni berwarna coklat berpadu dengan kuning merah. Rasanya hampir mirip dengan cenil dengan tekstur yang juga kenyal karena bahan pembuatannya relatif sama. masyarakat Kulon Progo sering menyebut jajanan ini dengan nama cenil klanthig.

8. Growol

Growol
Photo by Twitter Good News From Indonesia

Jajanan khas bernama growol ini sebenarnya mempunyai latar belakang cerita tersendiri di kalangan masyarakat disana. Awal mula makanan growol ini adalah dahulu kala saat masyarakat di pedesaan masih sulit mendapatkan beras untuk dimasak, sehingga masyarakat Kulon Progo mengolah singkong.

Growol mempunyai aromanya cukup menyengat sebenarnya, sehingga banyak orang yang berfikir kembali untuk mencobanya. Rasanya yang gurih dan sedikit sensasi kriuk dari parutan kelapa mudanya menjadi citarasa tersendiri, yang akan menarik anda terus mencobanya dan akan sayang untuk dilewatkan.

9. Sate Kambing

Sate Kambing
Photo by Twitter Jogja24Jam

Sate kambing Mbah Margo namanya. Makanan ini sepertinya sudah sangat melegenda dan kondang seantero wilayah Kulon Progo. Sate Kambing Mbah Margo yang usianya hampir sama dengan usia Republik Indonesia ini bukanlah sate kambing biasa, karena diracik dengan bumbu istimewa khusus oleh pedagangnya yaitu Mbah Margo sendiri.

Disajikan lengkap dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, kubis juga dengan nasi putih pulen yang wangi, sate kambing Mbah Margo ini akan sangat sulit untuk anda tolak. Tidak hanya menjual sate, Mbah Margo juga menyediakan olahan daging kambing lainnya seperti tongseng, gule dan tengkleng.

Harganya yang relatif murah juga menjadi salah satu alasan mengapa warung sate kambing Mbah Margo ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan para pejabat lokal maupun luar daerah pasti menyempatkan untuk makan disini. Sate kambing Mbah Margo ini wajib masuk dalam daftar kunjungan kuliner anda bila mampir ke Yogyakarta.

10. Soto Bathok

Soto Bathok
Photo by Twitter Dona

Beralih ke makanan lainnya, yaitu ada soto bathok. Bila masalah rasa, Soto bathok Kulon Progo ini mempunyai citarasa yang tak jauh berbeda dengan soto di kawasan Jawa Tengah lainnya. Tetapi kuliner khas ini menjadi unik karena cara penyajiannya yang menggunakan mangkok yang terbuat dari bathok kelapa.

Penyajian seporsi soto bathok lengkap biasanya terdiri dari semangkuk batok soto, satu porsi nasi hangat, dilengkapi dengan sate usus dan telur puyuh, tak ketinggalan sambal dan jeruk nipis segar yang akan melengkapi rasa soto bathok yang lezat. Soto bathok ini cocok dijadikan sarapan maupun menu makan siang.

Kalau masalah harga, jangan khawatir, harga seporsi soto bathok dibandrol hanya Rp 5000 saja per porsi. Penjual soto bathok ini juga cukup banyak ditemukan di jalanan Kabupaten Kulon Progo sehingga wisatawan yang ingin mencicipi kelezatan soto bathok khas daerah ini tidak akan sulit menemukannya.

Makanan Khas Kulon Progo ini cukup unik bukan! Selain citarasanya yang enak, makanan tradisional pilihan kali ini juga akan bisa mengingatkan anda tentang memori masa kecil dulu. Makanan tradisional yang saat ini sudah jarang ditemukan di kota kota besar ini wajib anda coba dengan keluarga bila berkunjung ke Yogyakarta.