22 Makanan Khas Lampung yang Terkenal & Wajib Anda Coba

22 Makanan Khas Lampung yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Sebagian besar orang mengenal Lampung hanya dari Taman Nasional Way Kambas. Padahal ada banyak hal menarik lainnya yang bisa didapat dari provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatera tersebut, salah satunya yaitu makanan khasnya. Tidak dapat di pungkiri bahwa makanan khas Lampung mempunyai citarasa nikmat dan lezat dengan keunikan tersendiri. Hal tersebut tidak lain karena bahan dasar yang digunakan di setiap olahan masakannya.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki makanan khas tersendiri. Bukan hanya tingkat provinsi atau kota, anda juga dapat menemukan makanan tradisional dari setiap kecamatan, atau bahkan desa. Termasuk Lampung, anda juga banyak menemukan makanan lezat di setiap pelosok desa dengan sensasi kenikmatan yang tak terlupakan.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Lampung dan belum memiliki referensi dari makanan khasnya, berikut beberapa yang bisa anda masukkan dalam daftar berburu kuliner di sana!

1. Gulai Taboh

Gulai Taboh1
Photo by Facebook Liana Lianada

Di berbagai nusantara, masakan gulai seringkali menggunakan bahan santa dari perasan kelapa. Begitu juga dengan gulai Taboh yang menjadi kuliner khas Lampung. Taboh dalam bahasa lokal berarti santan, jadi secara lengkap bisa diartikan dengan gulai santan.

Dari warnanya memang mirip dengan sayur lodeh, kuning terang dengan banyak sayuran di dalamnya. Bedanya, gulai dari provinsi yang mempunyai ibukota Bandar Lampung ini menggunakan ikan jenis nila yang direndam dengan kuah. Ada juga yang menggunakan jenis ikan lain seperti ikan tongkol atau tuna.

2. Locupan

Locupan
Photo by Twitter Jelabat 

Anda tau mi udon khas Jepang? Hampir seperti itulah jenis mi yang digunakan Locupan. Makanan yang satu ini cukup nikmat karena bukan hanya mi pendek dengan bagian tengah lebih besar, namun juga bahan pelengkap dan bumbunya yang istimewa.

Beberapa pembuat berkreasi dengan menambahkan bakso, potongan ayam, dan sayuran jenis sawi. Rasanya gurih lezat, lebih nikmat jika ditambahkan sambal untuk menambah rasa pedasnya.

3. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit
Photo by Twitter Astra Honda Care

Pastinya anda tidak asing dengan makanan pengganjal perut yang satu ini. Kue lapis legit yang biasa anda temui atau anda makan sebenarnya berasal dari Lampung. Bahan utamanya dari tepung terigu, telur, mentega dan tentunya gula.

Kue dengan nama lain spekkoek ini mempunyai rasa manis dan legit, sesuai dengan nama yang digunakan. Anda bisa menemukannya di berbagai pelosok Lampung tanpa kesulitan. Bahkan beberapa toko menyediakan jenis kue yang satu ini khusus untuk oleh-oleh.

4. Sambal Asam Kembang

Sambal Asam Kembang lampung
Photo by Twitter Wahid Priyono

Meskipun namanya ada asam dan kembang, namun bahan yang digunakan untuk membuat sambal asam kembang jauh dari kedua bahan tersebut. Bahan utamanya dari terasi dengan campuran kemang, mirip mangga muda. Rasanya gurih nikmat dan ada asam juga. Rasa asam tersebut didapat dari perpaduan bumbu yang digunakan.

5. Mie Lampung

Mie Lampung
Photo by Twitter Bang Benn!

Dari namanya sudah terlihat bahwa jenis makanan tradisional Lampung yang satu ini berupa mi. tidak jauh berbeda dengan mi dari daerah lain, hanya aja teksturnya lebih kenyal dan sedikit lebih halus. Warga setempat biasanya menyajikan mie Lampung dengan taburan ayam dan sayuran yang menemani. Bumbu yang digunakan cukup khas, sehingga anda bisa membedakan apakah itu jenis mi lampung atau mi pasaran yang mudah ditemui.

6. Sambal Tempoyak Udang

Sambal Tempoyak Udang lampung
Photo by Facebook Erika Martalena

Namanya juga sambal, pasti pedas rasanya. Akan tetapi bukan itu intinya, karena sambal Tempoyak udang ini tergolong cukup unik. Bahan utamanya dari Tempoyak, seperti dari penggunaan namanya. Tempoyak sendiri merupakan hasil dari fermentasi durian setengah matang atau mentah yang ditambahkan sedikit garam.

Untuk udang yang digunakan tidak ada yang istimewa. Banyak jenis udang yang bisa digunakan untuk membuat menu kuliner yang satu ini. Bahan pelengkap lainnya biasanya berupa kunyit dan pete. Bisa anda bayangkan bagaimana rasa fermentasi durian yang dipadukan dengan bumbu pilihan, kemudian dimakan bersama pete.

7. Kue Segumpal

Kue Segumpal lampung
Photo by Twitter IM3 SIBOLANG

Sedikit mirip dengan pembuatan lontong atau lepet, karena memang sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Bedanya dari bahan yang digunakan, kue segumpal berbahan dasar beras ketan dan santan yang diberi sedikit gram agar mendapatkan rasa asin.

Makanan yang juga disebut dengan kue Sekubal ini secara menyeluruh mempunyai rasa gurih. Anda bisa dengan mudah menemukannya ketika puasa atau menjelang lebaran karena termasuk dari makanan tradisional Lampung.

8. Kemplang Lampung

Kemplang Lampung
Photo by Twitter Handrian J

Banyak jenis makanan dengan nama kemplang yang bisa anda temui, salah satunya kemplang Lampung. Bahan utamanya dari ikan segar, umumnya menggunakan ikan tenggiri atau tongkol. Ikan tersebut digiling kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan dibentuk bulan pipih, kemudian dipanggang.

Kemplang biasanya dinikmati dengan sambal yang terbuat dari campuran gula merah, cabai, asam jawa, terasi dan bumbu utama lainnya. Rasanya gurih dengan tekstur renyah seperti kerupuk. Maka jangan heran jika ada yang menyebutnya dengan kerupuk kemplang.

9. Pindang Kepala Simba

Pindang Kepala Simba
Photo by Twitter Rinta Adita

Komunitas pemancing menyebutnya dengan ikan giant trevally atau GT. Ikan jenis ini sangat nikmat karena dagingnya tebal dan kesat. Untuk membuat pindang kepala simba, bahan utama yang dibutuhkan pastinya ikan simba, tetapi hanya kepalanya saja ya!

Sedangkan bumbu yang digunakan yakni bumbu pindang yang terkenal dengan rasa asam dan nikmat. Bahan untuk membuat bumbunya antara lain bawang merah dan bawang putih, kunyit, daun salam, asam jawa dan masih banyak bumbu lainnya. Jangan ditanya mengenai rasa, karena pastinya membuat lidah bergoyang karena kenikmatannya.

10. Es Serbat Kweni

Es Serbat Kweni
Photo by Facebook Masak Aja Yuk – Tempatnya Kumpulan Resep Masakan Nusantara

Sekali-kali bolehlah beralih ke jenis makan khas Lampung berupa minuman. Es serbat Kweni menggunakan jenis mangga kweni khas Lampung. Rasa manis dan asam dari mangga ini cukup unik dengan aroma yang khas.

Selain mangga, anda membutuhkan gula merah dan selasih untuk membuatnya. Minuman ini bukan hanya sebagai pelepas dahaga, namun juga memberikan sensasi kenikmatan dari rasa campuran manis antara mangga dan gula merah.

11. Kopi Lampung

Kopi Lampung
Photo by Twitter Upper.kraja

Tahukah anda bahwa Lampung termasuk pemasok terbesar dari produksi Kopi di Indonesia? Maka tidak heran jika salah satu kuliner khasnya berupa kopi. Jenis kopi yang digunakan untuk membuat kopi lampung yaitu robusta, finest robusta dan kopi jantan.

Cukup berbeda dengan jenis kopi lain yang biasanya anda temukan. Kopi yang juga banyak di ekspor di luar negeri ini memiliki rasa asam dan pahit yang cukup kuat. Penggunaan gula terlalu banyak justru tidak membuat rasa kopi ini menjadi menarik. Jadi anda harus pandai meracik, atau memilih salah satu kedai kopi Lampung yang tepat untuk mendapatkan rasa khasnya.

12. Pisro Lampung

Pisro Lampung
Photo by Twitter Univ Malahayati

Di wilayah Pepadun, anda bisa menemukan kuliner lezatnya dengan nama Pisro. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan air tawar, tepatnya ikan betok atau juga tembakang. Kedua ikan tersebut mempunyai rasa gurih dengan daging tebal. Rasa yang didapat semakin nikmat den siraman sambal asam pedas. Apalagi jika proses pengolahan ikan dilakukan dengan cara dibakar, tentu semakin menggugah selera.

13. Gabing Lampung

Gabing Lampung
Photo by Twitter Aviatour

Bukan gabing berupa kue yang dimaksud, namun lebih mirip sop dengan kuah kental yang cukup membuat lapar. Gabing Lampung terbuat dari batang kelapa, namun dari jenis batang yang masih muda sehingga mempunyai tekstur empuk.

Cara pengolahannya sangat sederhana, cukup rebus batang kelapa kemudian ditambah dengan bumbu khas Lampung. Agar semakin nikmat, anda bisa menambahkan beberapa sayuran seperti jamur, kuis, wortel dan lainnya sesuai selera.

14. Engkak Lampung

Engkak Lampung
Photo by Twitter Toko Kue Mama Ica

Sekilas hampir mirip dengan kue lapis legit, akan tetapi teksturnya lebih lembek, lengket dan sedikit kenyal. Bahan utama untuk membuat Engkak Lampung yakni tepung ketan, telur, margarin, gula, santan dan sedikit tambahan bahan pelengkap lainnya.

Semua bahan dicampur menjadi satu, kemudian dikukus dengan loyang. Untuk mendapatkan bau khas harum, biasanya juga ditambah dengan daun pandan. Mengenai rasa, sudah bisa dipastikan manis ya!

15. Umbu Lampung

Umbu Lampung
Photo by Twitter Jen

Kuliner khas Lampung berikutnya mungkin tidak dapat anda temui dimana-mana, yaitu Umbu Lampung. Menggunakan bahan utama berupa rotan mudah yang direbus hingga lunak. Kuliner yang satu ini mempunyai rasa lumayan pahit, hampir mirip seperti pare. Warga setempat biasanya menyajikannya dalam bentuk lalapan atau pengganti sayur.

16. Bakso Sony

Bakso Sony
Photo by Twitter 운다

Di provinsi Lampung, ada bakso legendaris yang bisa anda temui, namanya Bakso Sony. Cukup keren namanya, lebih keren lagi jika anda menikmatinya karena rasa yang diberikan jauh berbeda dengan bakso jenis lainnya. Bahan yang digunakan dari daging asli dengan kuah yang diberi lada hitam sehingga menjadikannya lebih gurih dan mantap.

17. Geguduh

Geguduh
Photo by Twitter Trace Jago #NKRIHargaMati

Selanjutnya ada geguduh, juga termasuk daftar kuliner yang harus anda dahulukan jika berkunjung ke Lampung. Makanan yang satu ini rasanya manis karena terbuat dari bahan dasar pisang. Bahan pendukung lainnya juga mempunyai rasa manis, seperti selai, susu dna juga tepung terigu.

Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga rata, kemudian di bentuk bulat dan digoreng. Adapun pisang yang digunakan pada umumnya yaitu pisang gepok, karena mempunyai rasa dan aroma yang khas.

18. Seruit

Seruit
Photo by Twitter Luthpi Febriansyah

Anda pasti sering menemukan olahan ikan bakar bukan? Namun bisa dipastikan juga bahwa anda belum pernah menemui ikan bakar dari Lampung yang diberi nama Seruit. Ikan yang digunakan kebanyakan dari jenis ikan baung dan juga ikan lais. Bumbu yang digunakan termasuk istimewa karena dari campuran terasi, tempoyak dan juga parutan buah mangga muda.

19. Pindang Lampung

Pindang Lampung
Photo by Twitter 나나

Hampir semua daerah di nusantara mempunyai kuliner pindang tersendiri dengan ciri khas masing-masing. di Lampung, anda bisa menemukan olahan pindang kuah warna kuning yang disajikan dengan sambal tempoyak. Rasanya sangat nikmat dan lezat, campuran antara gurih, asin, asam dan tentunya pedas.

20. Keripik Pisang

Keripik Pisang
Photo by Twitter Blue sky

Sebagaimana keripik pisang yang biasa anda temui, keripik pisang dari Lampung juga menggunakan pisang pilihan. Satu hal yang menjadi pembeda yakni varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Anda bisa mendapatkan rasa original, balado, susu, keju dan masih banyak lagi. Dari semua varian rasa, cokelat adalah yang paling terkenal kenikmatannya.

21. Panggang Lampung

Panggang Lampung
Photo by Twitter Putriyani

Ada nama Panggang yang juga merupakan salah satu makanan khas yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di Lampung. Di Maluku dikenal dengan nama ikan asar, di Jawa mungkin ikan asap, semua prosesnya sama, yakni dengan cara pengasapan. Jenis ikan yang digunakan juga bermacam-macam. Namun khusus di Lampung, kebanyakan yang anda temui yaitu dari ikan tongkol atau tuna.

22. Benjak Enjak

Benjak Enjak
Photo by Twitter Rahmat h

Hasil perkebunan provinsi Lampung yang banyak berupa pisang membuat warganya sering berkreasi. Kali ini anda bisa menemukan makanan dengan rasa dasar manis yang terbuat dari pisang, Benjak Enjak namanya. Selain pisang, bahan yang dibutuhkan yaitu gula, beras ketan, dan santan. Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk merata, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar atau dikukus.

Kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpah merupakan salah satu yang harus dibanggakan. Dengan kekayaan alam tersebut, banyak makanan tradisional yang ditemui di berbagai daerah, termasuk Lampung. Oleh sebab itu, jangan sampai anda melewatkan daftar makanan khas Lampung yang telah disebutkan diatas ketika berkunjung ya!