22 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat yang Terkenal Enak & Wajib Anda Cicipi

22 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat yang Terkenal Enak & Wajib Anda Cicipi

Ragam wisata dan kuliner, semua ada di negara tercinta Indonesia. Jika bisa melakukan keduanya, tentu tidak jadi masalah karena setiap wilayah pada umumnya memiliki kedua wisata tersebut. Salah satunya di Nusa Tenggara Barat, selain pemandangan alam berupa pantai dan pegunungan, sepertinya anda wajib menikmati makanan khas NTB dengan keunikan rasa masing-masing. Bumbu dan bahan utama yang digunakan merupakan alasan dari kenikmatannya.

Sebenarnya tidak sulit menemukan bahan dasar yang digunakan dari setiap kuliner nikmat dari salah satu provinsi di Indonesia ini. Kebanyakan menggunakan ayam, daging sapi, dan ikan. Namun penggunaan rempah dan proses memasaknya membuat setiap masakan mempunyai citarasa nikmat dan lezat. Sekilas memandang bentuk dan cara penyajian, dipastikan anda akan tergoda.

Nusa Tenggara Barat atau disingkat dengan NTB merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di kepulauan Nusa Tenggara. Ibukota provinsi ini adalah Mataram. Meski demikian, Lombok merupakan kawasan yang memberikan banyak kontribusi alam hal makanan khas Nusa Tenggara Barat. Apa saja hidangan yang perlu anda ketahui? Berikut selengkapnya!

1. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung
Photo by Twitter JANGAN DIUNFOLL HABIS KELOCK

Dari namanya sudah dipastikan bahwa kuliner nikmat ini menggunakan bahan utama kangkung. Plecing Kangkung berasal dari Lombok yang dibuat dengan proses cukup sederhana. Kangkung dan bahan lain berupa taoge, kacang tanah, dan parutan kelapa dimasak dengan rempah pilihan. Penyajian masakan ini umumnya dengan tomat sehingga segar di atasnya.

2. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Photo by Twitter Aviatour

Termasuk jenis ayam bakar, Ayam Taliwang merupakan salah satu kuliner yang juga berasal dari Lombok, NTB. Jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung muda yang dagingnya masih empuk. Meskipun termasuk ayam bakar, namun rasanya jauh dari ayam bakar pada umumnya. Hal ini dikarenakan rempah yang digunakan khas dari provinsi tersebut. Akan semakin nikmat ketika disantap dengan nasi hangat dan sambal pedas.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak
Photo by Twitter #KelanaRasa

Apakah sama dengan sate pada umumnya? Sebagian memang sama, termasuk prosesnya, yakni dengan cara dibakar. Untuk bahannya, Sate Bulayak lebih memilih daging sapi, bukan daging ayam atau kambing. Selain itu bumbunya juga berbeda karena ada rempah khas yang digunakan. Ciri dari makanan khas NTB ini adalah dari lontong yang digunakan sebagai teman makan. Memang sama dalam hal bahan, namun bentuknya unik karena mengikuti alur dari pembungkusnya, yakni daun aren.

4. Beberuk Terong

Beberuk Terong
Photo by Twitter Rapma FM

Dilihat dari banyaknya bahan yang digunakan, Beberuk Terong bisa disamakan dengan gado-gado. Namun bahan yang harus ada yakni terong ungu, sesuai dengan namanya. Bahan pendukung dari kuliner lezat ini antara lain kacang polong, selada, tomat, dan mentimun. Beberapa juga ditambahkan bahan lain sesuai selera. Setelah semua bahan tercampur, Beberuk Terong kemudian disiram dengan kuah encer campuran air jeruk limau.

5. Babalung

Babalung
Photo by Twitter inDI

Babalung menggunakan bahan dari tulang, bisa dari tulang iga sapi atau kaki kerbau. Makanan ini sangat lezat yang disajikan dengan kuah kaldu bening, sehingga tampak menyegarkan. Adapun rempah kuah yang digunakan adalah cabai rawit, bawang, kunyit, jahe, dan lengkuas. Penyajiannya dengan taburan bawang goreng sangat banyak, cukup menggoda selera bagi siap saja yang melihatnya.

6. Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak
Photo by Instagram Rina Santosa

Cukup sulit ditemukan saat ini jika tidak di hari khusus, terutama saat lebaran. Poteng Jaje Tujak bukan makanan berat, melainkan jenis kudapan nikmat yang wajib anda coba. Makanan ringan ini terbuat dari tape yang diolah dengan daun suji atau daun pandan. Semua bahan yang digunakan menjadikan citarasa nya khas dan membuat ketagihan bagi siapa saja yang mencicipinya.

7. Sate Tanjung

Sate Tanjung
Photo by Instagram BW The Lagoon

Kuliner khas Nusa Tenggara Barat banyak yang berasal dari Lombok, termasuk Sate Tanjung. Jika sate pada umumnya menggunakan bahan daging, lain halnya dengan sate ini yang justru menggunakan bahan utama berupa ikan. Menariknya, ikan tidak langsung dibakar diatas api, namun diambil dagingnya terlebih dahulu dan dicampur dengan rempah dan bumbu khas. Langkah terakhir yakni dengan membakarnya seperti sate pada umumnya.

8. Sayur Ares

Sayur Ares
Photo by Instagram 𝓓𝔂π“ͺ𝓱 𝓒𝓾𝓽𝓻𝓲𝓼𝓢π“ͺ𝔂π“ͺ𝓷𝓲

Anda tau kolak? Sejenis itulah makanan khas Lombok yang bernama Ares jika dilihat dari bahan utama yang digunakan, yakni santan dan pisang. Uniknya, makanan ini tidak hanya berasa manis saja, melainkan ada gurihnya. Adapun yang menjadikan makanan ini gurih karena tidak menggunakan gula sebagai bahan tambahannya, namun rempah khas Lombok dengan citarasa lezat. Jenis pisang yang digunakan juga tidak boleh sembarangan, sangat diutamakan pisang kepok atau pisang raja.

9. Nasi Balap

Nasi Balap
Photo by Instagram RASAKAN SENSASI REMPAH & PEDAS

Kalau di Jawa Timur ada Lontong Balap, di NTB adan Nasi Balap. Meski namanya hampir sama, kenyataannya kedua makanan ini jauh berbeda. Nasi Balap tidak menggunakan kuah, melainkan dengan dibungkus daun pisang. Lauk yang digunakan umumnya dari daging sapi atau ayam yang dimasak dengan rempah dan bumbu khas NTB. Nasi Balap disajikan dengan tambahan kedelai goreng dan sambal pedas sehingga semakin nikmat. Yakin tidak ingin merasakan kenikmatannya?

10. Sate Pusut

Sate Pusut
Photo by Instagram Catering | Tumpeng | Hampers

Jangan heran jika makanan khas Nusa Tenggara Barat banyak yang berupa sate. Memang jenis makanan ini tidak dapat dibohongi kelezatan nya. Sate Pusut terbuat dari bahan utama daging sapi, tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Namun untuk yang ini ada tambahan parutan kelapa yang melapisi sate ketika dibakar. Rasanya sangat nikmat, jauh lebih nikmat dan gurih dari sate pada umumnya.

11. Nagasari

Nagasari
Photo by Instagram Tyas

Bukannya nagasari berasal dari Jawa? Memang benar, namun juga bisa dikatakan sebagai kudapan dari NTB karena banyak ditemui di kawasan Lombok. Makanan pengganjal perut ini terbuat dari banyak bahan, antara lain santan, gula, tepung beras, dan juga pisang. Semua bahan dijadikan adonan kecuali pisang, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Adapun bahan pisang hanya digunakan sebagai isiannya sebelum camilan nikmat ini dikukus.

12. Sate Rembiga

Sate Rembiga
Photo by Twitter SU Indonesia

Satu lagi jenis sate yang wajib anda coba ketika berkunjung ke NTB, yaitu sate rembiga. Nama makanan ini diambil dari daerah asalnya, manalagi kalau bukan Rembiga, kota Mataram. Tidak jauh berbeda dengan jenis sate pada umumnya, baik bahan dan cara pembuatannya. Bedanya dari bumbu oles ketika sate dibakar, adanya rempah khas menjadikannya lebih lezat dan nikmat.

13. Kelaq Kelor

Kelaq Kelor
Photo by Twitter Budaya Sasambo

Tidak sulit untuk membuat Kelaq Kelor karena bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Sesuai dengan namanya, bahan utamanya dipastikan dari daun kelor. Ada pula bahan tambahan juga berupa sayuran seperti kangkung, bayam, dan juga gambas. Cara membuatnya mudah, cukup tambahkan bumbu khas seperti cabai, bawang, jahe, dan garam yang dimasak dengan kuah.

14. Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja
Photo by Facebook KofintΓ©

Meskipun bukan ibukota NTB, Lombok memberikan kontribusi banyak dalam hal kuliner nikmat. Selain yang telah disebutkan tadi, ada juga Nasi Kotaraja dengan citarasa khasnya. Sekilas mirip dengan nasi campur, hanya saja makanan tradisional Nusa Tenggara Barat ini disajikan dengan sayur rarit dan sambal sebie. Sayur rarit sendiri terbuat dari bahan utama daging sapi yang dicampur dengan cabai hijau dan rempah pilihan lainnya.

15. Sepat Ayam

Sepat Ayam
Photo by Twitter sajiansedap.id

Rasanya sepat, sesuai dengan namanya. Bahan utamanya dari daging ayam yang diolah dengan berbagai rempah pilihan. Rasa sepat tersebut karena adanya mangga muda sebagai campuran bumbunya. Kuliner ini paling banyak diburu wisatawan karena keunikan dan kelezatan nya. Proses memasaknya dengan cara digoreng atau juga dibakar, tentu saja dengan cara dibakar jauh lebih lezat.

16. Ayam Pelalah Lombok

Ayam Pelalah Lombok
Photo by Twitter BaBe – Baca Berita

Banyak jenis kuliner nikmat dari bahan ayam yang ditemui di setiap daerah di Indonesia. Di Lombok, anda bisa menemukan Ayam Pelalah yang juga terbuat dari bahan utama berupa ayam. Proses masaknya cukup lama sehingga menjadikan citarasa nya unik dan nikmat. Ayam di oven terlebih dahulu setelah dilumuri racikan bumbu khas. Setelah matang, ayam kemudian di suwir dan dicampur dengan sambal dari rempah cabai, bawang, kencur, lengkuas, kunyit dan kemiri.

17. Mangut Lele Mataram

Mangut Lele Mataram
Photo by Twitter M Z K U N

Tidak ketinggalan Mataram sebagai ibukota NTB yang juga memberikan kontribusi dalam hal kuliner khas. Mangut Lele Mataram sudah pasti menggunakan bahan utama berupa ikan lele. Jika anda belum tau masakan mangut, merupakan jenis makanan dengan kuah kental yang sangat nikmat. Bahan dasar untuk membuat kuah adalah santan, jadi rasanya dipastikan gurih.

18. Sasate Bandeng

Sasate Bandeng
Photo by Facebook Rania Msi

Sasate bandeng juga salah satu makanan unik khas Nusa Tenggara Barat yang terbuat dari bahan dasar ikan bandeng dan parutan kelapa. Banyak ditemui jenis makanan ini di berbagai daerah dengan nama yang berbeda. Salah satunya di Jawa Timur dengan nama Otak-otak Bandeng. Proses memasak yang cukup lama tidak hanya membuat kuliner ini nikmat, namun juga membuat harganya cukup mahal.

Awalnya, bandeng mentah dipukul hingga dagingnya hancur dan diambil durinya. Proses ini tidak boleh merusak kulit karena nantinya digunakan sebagai pembungkus. Setelah itu, daging dicampur dengan bumbu khas dan parutan kelapa. Barulah campuran tadi dimasukkan kembali kedalam kulitnya dan dimasak dengan cara dipanggang.

19. Singang

Singang
Photo by Twitter muhammad arif rahman

NTB dikenal sebagai salah satu penghasil ikan yang cukup melimpah di Indonesia. Singang merupakan jenis masakan yang menggunakan bahan ikan, baik ikan laut maupun air tawar. Kuliner ini berasal dari Sumbawa dan termasuk dari makanan tradisional di sana. Sepintas melihat Singang cukup menyegarkan dan menggoda selera dengan warna kuning beningnya. Makanan berkuah ini diracik dengan rempah khas, seperti bawang, cabai, kunyit, dan kemiri.

20. Bingka Dolu Gula Merah

Bingka Dolu Gula Merah
Photo by Twitter #resepmasakan

Dari NTB, ada jenis kudapan yang sangat nikmat dengan rasa manis dan legit, Bingka Dolu namanya. Bahan utamanya dari tepung terigu, santan, gula merah, telur, dan gula pasir. Semua adonan dicampur sedikit demi sedikit hingga mengental, kemudian dimasukkan kedalam cetakan. Langkah selanjutnya pasti sudah anda ketahui, yakni dengan cara memasaknya hingga matang.

21. Ayam Rarang

Ayam Rarang
Photo by Twitter Dudi Hermansyah

Tidak sulit menemukan makanan khas dengan bahan utama berupa ayam. Dari sekian banyak yang telah disebutkan, Ayam Rarang tidak kalah nikmat dan menggugah selera. Bumbu yang digunakan khas, namun bukan itu yang utama, melainkan dari proses memasaknya. Ayam Rarang dimasak dengan cara dibakar menggunakan kayu diatas tungku untuk memberi cita rasa yang benar-benar lezat.

22. Kelaq Batih

Kelaq Batih
Photo by Facebook MataramStore

Jika tadi ada Kelaq kelor, kali ini juga ada Kelaq Batih dengan bahan utama daun singkong dan biji buncis. Kedua bahan dipilih bertolak belakang, daun singkong diutamakan yang masih muda, sedangkan biji buncis menggunakan yang sudah tua. Kuliner ini dibuat dengan rempah pilihan dan disajikan berkuah.

Dari semua makanan khas Nusa Tenggara Barat yang telah disebutkan, tentu tidak sulit menemukan bahan utamanya bukan? Jika anda belum bisa mengunjungi provinsi tersebut, silahkan membuatnya sendiri di rumah. Namun tentunya anda juga menyadari bahwa tidak senikmat ketika langsung datang ke lokasi karena keaslian rempah yang digunakan.