22 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur yang Terkenal & Wajib Anda Coba

22 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar nama Nusa Tenggara Timur (NTT)? Pulau Komodo bukan? Sebenarnya bukan hanya itu daya tarik utama dari salah satu provinsi yang ada di kepulauan Nusa Tenggara ini. Melainkan juga berbagai jenis kuliner yang bisa dinikmati dengan keunikan nya. Anda tau apa aja makanan khas Nusa Tenggara Timur? Tentu tidak banyak tau bukan? Oleh sebab itu, pastikan mengikuti ulasan lengkap pada kesempatan kali ini.

Sebenarnya ada banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di NTT. Kebanyakan dari pesona alam yang indah karena pulau ini lebih banyak pegunungan dan perbukitan. Sambil jalan-jalan, tidak ada salahnya untuk menikmati kuliner nikmat yang ada di lokasi tersebut. Apalagi setiap lokasi pastinya ditemukan makanan khas, baik tradisional maupun modern.

Dari berbagai sumber yang diambil, kami berhasil merangkum puluhan makanan tradisional Nusa Tenggara Timur dengan kenikmatan dan keunikan nya. Apa saja kuliner atau makanan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Tapa Kolo

Tapa Kolo
Photo by Twitter myXLCare

Jika dipisah dan diartikan dalam bahasa lokal, ‘tapa’ berarti dipanggang, sedangkan ‘kolo’ diartikan sebagai nasi yang dimasukkan dalam bambu. Secara keseluruhan, Tapa Kolo berarti nasi yang dimasukkan kedalam bambu dan dimasak dengan cara dipanggang. Nasi yang digunakan bukan dari beras putih, namun beras merah dengan kandungan gizi lebih tinggi. Tentu saja dengan tambahan berbagai rempah dan bumbu sebelum dimasukkan kedalam bambu.

2. Catemak Jagung

Catemak Jagung
Photo by Twitter Bisnis Bandung News

Anda pasti kurang familiar dengan jenis makanan ini, namun bahan utamanya tentu sudah tau. Catemak Jagung tidak hanya menggunakan bahan utama berupa jagung, melainkan berbagai macam tambahan seperti kacang hijau, kacang merah, labu, dan macam-macam sayuran. Cara membuatnya tidak cukup rumit, hanya mencampurkan semua bahan dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Untuk menambah citarasa, kuliner khas Nusa Tenggara Timur ini diberi perasan air lemon.

3. Jagung Bose

Jagung Bose
Photo by Twitter sunflowerandsky

Anda tau apa yang dimaksud dengan ‘Bose’? Yakni ‘lunak’. Jelas sudah bahwa masakan ini dimasak hingga lunak. Adapun proses masaknya yakni dengan cara direbus. Jagung dicampur dengan berbagai bahan tambahan seperti labu dan kacang-kacangan. Bahan yang digunakan untuk merebus bukan air, melainkan santan. Setelah semua bahan dicampur, kemudian direbus dengan santan hingga kuahnya mengental. Dengan demikian, Jagung Bose mempunyai tekstur kental seperti bubur.

4. Sambal Lu’at

Sambal Lu’at
Photo by Twitter Monike San

Kuliner khas NTT banyak yang mempunyai citarasa pedas, seperti Sambal Lu’at yang dapat dengan mudah anda temukan di berbagai lokasi. Untuk sambal ini, cabai yang digunakan tergolong khusus, yakni lombok padi (nama salah satu cabai di TT). Pastinya ada bahan lain yang menemani cabai tersebut, antara lain kemangi, jeruk nipis, dan daun siba. Cara membuatnya sederhana dan masih sama dengan sambal pada umumnya, yaitu dengan cara di ulek atau dihaluskan.

5. Aka Bilan

Aka Bilan
Photo by Instagram Pikul || Kupang

Untuk membuat makanan khas Nusa Tenggara Timur yang bernama Aka Bilan tidak terlalu sulit karena bahannya mudah ditemukan. Bahan utama yang dimaksud adalah sagu, kacang hijau, dan parutan kelapa. Semua bahan dicampur menjadi adonan dan ditambah sedikit garam. Setelah itu dimasak dengan cara dibakar dengan wadah khusus yang bernama babilak, yakni sejenis piring yang terbuat dari tanah liat.

6. Jagung Titi

Jagung Titi
Photo by Instagram best indonesian food only

Dari jenis camilan, ada Jagung Titi yang cocok untuk menemani waktu sambil bersantai. Bahan utamanya hanya dari jagung, makanan ini mirip dengan emping melinjo jika dilihat dari bentuk. Awalnya jagung dikupas dan direndam dengan air gula, kemudian digoreng tanpa minyak. Setelah matang, jagung kemudian di pukul hingga gepeng dan diberi sedikit lada dan garam untuk menambah citarasa.

7. Lawar Ikan Kemangi

Lawar Ikan Kemangi
Photo by Facebook Eni Yarit Hari

Entah anda tertarik dengan Lawar Ikan Kemangi atau tidak, yang jelas makanan ini mirip seperti Sushi. Meski demikian, banyak perbedaan dari keduanya. Lawar Ikan Kemangi ada tambahan sayuran dan pastinya daun kemangi. Ikan yang digunakan pada umumnya jenis cakalang atau tongkol. Selain itu, makanan khas ini juga disajikan dengan tambahan kuah.

8. Ikan Kakap Merah Kuah Asam

Ikan Kakap Merah Kuah Asam
Photo by Twitter Alvin Lie

Mendengar namanya saja sudah membuat perut keroncongan. Apalagi ikan kakap merah dikenal dengan daging cukup gurih dan mengandung banyak gizi. Sudah pasti anda tau apa yang dimaksud dengan Ikan Kakap Merah Kuah Asam bukan? Bahan bakunya dari ikan kakap yang dimasak dengan kuah asam. Tentu mudah membayangkan nya jika dilihat dari nama, namun bagaimana bahan dan proses memasaknya?

Untuk kuahnya, kuliner lezat ini menggunakan berbagai sayuran sesuai selera. Agar tidak berbau amis, ikan dibersihkan terlebih dahulu dan diberi perasan jeruk nipis. Setelah itu kemudian semua bahan dicampur dan direbus hingga matang. Sebagaimana masakan kuah asam, rasa dari jenis ini juga pedas, asam, dan pastinya gurih.

9. Se’i Daging Sapi Asap

Se’i Daging Sapi Asap
Photo by Facebook Pang Culinary

Untuk mencicipi makanan khas Nusa Tenggara Timur jenis Se’i Daging Sapi Asap, anda perlu mendatangi lokasi. Bukan kesulitan dari bahan yang digunakan, melainkan prose memasaknya. Se’I sendiri mempunyai arti daging yang di asap dengan proses pengasapan yang tidak umum.

Bahan utamanya dari daging kambing atau sapi yang diiris tipis. Kemudian dibumbui dengan lada, garam, dan rempah lainnya hingga meresap sempurna. Pengasapan dilakukan dengan cara mengantung daging tersebut di ketinggian. Bahan dari kayu bakar juga tidak boleh sembarangan, yaitu dengan kayu pohon kosambi yang dikenal mampu memberikan citarasa khas.

10. Ikan Kuah Belimbing

Ikan Kuah Belimbing
Photo by Twitter Alit Suwirya

Ikan kuah belimbing tidak jauh berbeda dengan ikan kakap merah kuah asam. Mulai dari rasa dan jenis makanan berkuah. Hanya saja ada sedikit perbedaan dari rempah kuah yang dibuat. Makanan khas NTT ini menggunakan kuah dengan bahan belimbing wuluh, tomat, dan jenis sayuran lainnya. Untuk rempahnya juga sedikit berbeda karena ada tambahan daun salam dan kunyit yang tidak dihaluskan.

11. Rumpu Rampe

Rumpu Rampe
Photo by Twitter Indonesia Kaya

Pantas jika makanan ini dinamakan Rumpu Rampe karena menggunakan banyak bahan sehingga terlihat ramai. Rumpu Rampe sendiri berarti ‘Ramai’ dalam bahasa lokal. Adapun bahan yang digunakan dari berbagai jenis tanaman atau sayuran seperti daun pepaya, bunga pepaya, tomat, jantung pisang dan lainnya. Untuk rempahnya, masakan yang nikmat disantap dengan nasi hangat ini menggunakan tomat, cabai, terasi, dan bawang.

12. Pelepah Manuk

Pelepah Manuk
Photo by Facebook Shallu Junior Chivaaree

Dilihat dari namanya, Pelepah Manuk bisa dipastikan menggunakan bahan utama burung (Manuk). Namun saat ini juga banyak ditemui yang menggunakan ayam kampung. Kuliner khas NTT ini sangat nikmat dan wajib anda coba ketika bertandang ke lokasi. burung atau ayam yang sudah dibersihkan dimasak dengan cara dibakar.

Setelah matang, bahan utama tersebut kemudian dimasak lagi dengan cara direbus dengan air santan. Tentu saja ada bumbu atau rempah khas yang menjadikan citarasa nya khas. Apalagi jika proses merebus dengan antan tersebut cukup lama, dianggap matang jika santan telah menyusut.

13. Sambal Teri Khas NTT

Sambal Teri Khas NTT
Photo by Twitter Okezone

Apa bahan utama yang digunakan? Tentunya ikan teri! Namun bukan ikan teri asin, melainkan yang basah. Rempah bumbunya menggunakan cabai, bawang, tomat, jeruk purut, kemangi, daun bawang dan semacamnya. Ikan teri digoreng hingga kering terlebih dahulu sebelum akhirnya dicampur dengan rempah dan bumbu yang telah disebutkan. Normalnya, masakan khas Nusa Tenggara Timur ini sangat pedas, namun anda bisa menyesuaikan selera untuk tingkat kepedasan nya.

14. Karmanaci

Karamaci
Photo by Instagram Dyann Arrizzqi

Ada kabar gembira bagi penyuka makanan daging, yakni Karmanaci. Daging yang sudah dipotong tipis kemudian direbus dengan gula, kecap, jahe, dan pala. Setelah matang dengan ciri air menyusut, daging kemudian di tumis dengan rempah khas NTT. Kuliner ini biasanya disantap dengan nasi hangat atau jagung bose.

15. Daging Belacang

Daging Balacan
Photo by Instagram Healthy Menu

Sekilas mirip dengan rendang karena warnanya, namun rasa dan cara pengolahannya jauh berbeda. Daging Belacang dulunya terbuat dari daging babi, namun saat ini banyak ditemui yang menggunakan daging sapi sebagai penggantinya. Prosesnya cukup lama, pertama daging direbus terlebih dahulu dengan tujuan agar teksturnya lunak. Kemudian daging dipotong kecil dan digoreng hingga kering. Tidak berhenti sampai disitu, daging masih diolah lagi dengan cara di tumis dengan campuran rempah yang dihaluskan.

16. Sup Tuna Kuah Asam

Sup Tuna Kuah Asam
Photo by Twitter Clean Cookery

Dimana-mana yang namanya sup pastinya berkuah, begitu juga dengan Sup Tuna Kuah Asam. Bahan utamanya terbuat dari ikan tuna, karena cukup mudah ditemui dan menjadi tangkapan utama nelayan di NTT. Rempah yang digunakan untuk kuahnya terdiri dari kunyit, bawang, dan cabai. Makanan khas Nusa Tenggara Timur banyak yang mempunyai citarasa pedas, seperti halnya makanan ini.

17. Manggulu

Manggulu
Photo by Twitter Damar

Tidak banyak yang mengetahui jenis makanan ini karena memang jarang ditemukan. Termasuk makanan tradisional, Manggulu terbuat dari pisang dan kacang tanah. Proses masaknya mirip dengan dodol, makan jangan heran jika ada yang menyebut kudapan ini sebagai dodol khas NTT. Bedanya dari dodol adalah dari pembungkusnya, Manggulu menggunakan daun pisang.

18. Jawada

Jawada
Photo by Twitter Bimo Trans

Beralih membahas kudapan khas NTT, kali ini ada Jawada yang berbentuk segitiga dengan lubang tidak merata. Bahan utamanya dari santan, gula aren, tepung beras yang diaduk menjadi adonan. Setelah tercampur, adonan kemudian dimasukkan kedalam cetakan khusus dan dimasak dengan cara dipanggang. Secara keseluruhan, bentuk dari makanan ringan ini mirip seperti rambut yang dikumpulkan. Maka di daerah asalnya jug dikenal dengan nama kue rambut.

19. Tumis Bunga Pepaya

Tumis Bunga Pepaya
Photo by Instagram Kumpulan Resep Masakan Rumahan

Tumis bunga pepaya termasuk makanan khas unik yang sedikit mirip dengan Rumpu Rampe. Bahan utamanya terdiri dari bunga pepaya dan daun singkong. Namun kali ini ada tambahan ikan teri sebagai pelengkapnya. Dari bahan yang digunakan, masakan ini berasa sedikit pahit, namun tetap gurih karena rempahnya. Cara masaknya tentu saja di tumis, sesuai dengan nama makanannya.

20. Muku Loto

Muku Loto
Photo by Merahputih.com

Jika anda mengunjungi Flores, jangan lupa mencicipi makanan tradisional Muku Loto. Bahannya berupa pisang, namun bukan pisang matang, melainkan yang masih mentah dengan kulit hijau. Setelah dikupas, pisang kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan cara direbus. Tentu ada tambahan rempah khas yang digunakan untuk menambah citarasa uniknya.

21. Moke Khas NTT

Moke Khas NTT
Photo by Facebook Benoti Nona Timor

Hanya membahas makanan khas NTT saja tentunya kurang menarik jika tidak ada minumannya. Salah satu yang cukup unik namun tidak disarankan untuk dinikmati adalah Moke. Minuman ini merupakan fermentasi air nira yang diambil dari pohon lontar. Karena proses fermentasi itulah yang menjadikan minuman khas Nusa Tenggara Timur ini mengandung alkohol.

22. Kena Kita

Kena Kita
Photo by Twitter babushiro.

Ada yang unik dari makanan ini selain namanya, yakni bahan yang digunakan dan citarasa yang tidak biasa. Bahan yang dimaksud terdiri dari kacang dan umbi-umbian. Kedua bahan dimasak dengan cara direbus hingga menjadi bubur. Dikatakan unik karena cara penyajiannya ditambah dengan cabai dan parutan kelapa. Bubur dengan rasa gurih dan pedas? Anda pasti jarang menemukannya!

Demikianlah ulasan yang cukup lengkap mengenai makanan khas Nusa Tenggara Timur. Anda bisa mencicipi jika sedang berkunjung ke provinsi yang juga dikenal dengan nama Pulau Komodo ini. Selain nikmat, bahan yang dugunakan cukup umum ditemui di daerah lain. Hanya rempahnya saja yang mungkin hanya bisa didapatkan di provinsi tersebut.