22 Makanan Khas Riau yang Terkenal & Wajib Anda Coba

22 Makanan Khas Riau yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Di pulau Sumatera, tepatnya di bagian tengah pantai timur, ada sebuah provinsi Riau yang cukup terkenal. Bukan hanya dari sumber minyak buminya, atau air terjun Tingkat Batang, namun juga dari makanan khas Riau. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas puluhan dari kuliner lezat yang bisa anda nikmati ketika berkunjung kesana. Bagi anda yang tidak sempat atau belum bisa menjadwalkan untuk terbang ke Riau, tidak masalah karena mungkin ada beberapa makanan yang bisa ditemui ditempat anda saat ini.

Riau terkenal dengan hasil alam yang melimpah, terutama untuk komoditas padi, jagung, dan juga kedelai. Anda juga bisa menemukan berbagai hasil alam lain seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian. Tidak sulit menemukan wilayah perkebunan atau pertanian di wilayah yang berpenduduk sekitar 8 juta jiwa ini. Hal tersebut dikarenakan masih banyak lahan kosong yang biasa dibuat pertanian, begitu juga hutan yang masih banyak terbentang luas.

Anda pasti setuju bahwa Indonesia kaya akan kuliner lezat di masing-masing wilayah bukan? Di Riau, bukan hanya anda yang mencari makanan, melainkan juga makanan tersebut yang mencari anda. Kenapa? Karena banyaknya makanan tradisional khas Riau yang bisa ditemui di setiap daerah, bahkan di pelosok desa sekalipun.

1. Gulai Ikan Patin Riau

Gulai Ikan Patin Riau
Photo by Twitter Mags Berita Kesehatan

Beberapa daerah mempunyai masakan khas yang sama, yakni gulai ikan patin. Lalu apa bedanya? Pertama dari potongan daging ikan yang cukup besar dan pastinya menggugah selera. Kedua, dari kuah yang terlihat bening dan diberi sedikit sayuran untuk menambah selera makan. Lebih nikmat menyantap hidangan ini selagi hangat dengan tambahan kerupuk udang sebagai teman.

2. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap
Photo by Twitter Sue Setiawan

Di Pekanbaru, ada tugu ikan selais yang dijadikan ikon kota tersebut. Tidak mengherankan, karena ikan tersebut banyak ditemukan di sana. Ikan selais asap merupakan salah satu jenis olahan ikan yang dikurangi kadar airnya dengan cara pengasapan. Setelah itu, ikan digoreng hingga mempunyai tekstur renyah dan rasa gurih. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan dengan sambal merah pedas yang sangat nikmat.

3. Asam Pedas Baung

Asam Pedas Baung
Photo by Twitter RIAU1

Ikan baung termasuk jenis catfish yang juga dikenal sebagai ikan keting yang hidup di air tawar atau muara. Bukan dari jenis ikannya yang istimewa, melainkan dari masakan yang anda temukan di Riau. Asam pedas baung diolah dengan rempah pilihan seperti daun salam, daun jeruk, sereh, kunyit dan lainnya. Warnanya merah menampakkan kepedasan nya, sangat cocok bagi anda pecinta masakan pedas.

4. GongGong

GongGong
Photo by Twitter Pesona Indonesia

Sejenis siput, namun hidupnya di laut dengan cangkang halus berbentuk oval. GongGong mempunyai banyak protein yang cukup baik untuk tubuh. Hewan yang satu ini diolah dengan bumbu pedas sehingga menambah nafsu makan. Sebelumnya, GongGong direbus terlebih dahulu hingga matang, kemudian diberi bumbu pilihan yang dimaksud.

5. Sate Senapelan

Sate Senapelan
Photo by Twitter Mags Berita Kesehatan

Jika pada umumnya daging sate dipanggang ketika dalam keadaan mentah, lain halnya dengan sate Senapelan. Sate yang hanya bisa ditemukan di Riau ini menggunakan daging ikan yang telah dimasak gulai, baru kemudian dililit di potongan bambu dan dibakar layaknya sate. Bisa anda bayangkan bagaimana kelezatan bumbu gulai yang telah meresap di dalamnya dan kemudian dibakar.

6. Lopek Bugi

Lopek Bugi
Photo by Twitter Radio UNTAR

Dikenal sebagai makanan bangsawan pada zaman dulu, lopek bugi juga bisa anda nikmati saat ini jika berkunjung ke Riau. Bahan utamanya dari ketan dengan campuran gula dan bahan lainnya. Setelah diaduk rata, lopek bugi dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

7. Gulai Siput Sedut

Gulai Siput Sedut
Photo by Facebook Mas Budiarto

Nama sedut diambil karena cara makannya yang cukup unik, yakni dengan cara disedot. Gulai siput sedut juga cukup dikenal di daerah Melayu, namun anda dapat dengan mudah menemuinya di Riau. Untuk kuahnya, kuliner Riau ini menggunakan kuah gulai, terbayang bukan bagaimana kelezatan nya!

8. Ikan Cuka Riau

Ikan Cuka Riau
Photo by Twitter Okezone

Sebagaimana rasa cuka, pastinya ada asam yang dapat menggugah selera. Ikan cuka khas Riau ini menggunakan daging ikan tenggiri yang digoreng sedikit kering. Ikan tersebut kemudian disiram dengan kuah cuka yang terbuat dari berbagai bumbu pilihan. Adapun bumbu yang dimaksud yakni serai, daun jeruk, jahe, lada, pala, dan tidak ketinggalan juga jeruk nipis.

9. Bacah Daging

Bacah Daging
Photo by Facebook Kanal Kuansing

Tidak jauh berbeda dengan rendang, baik dari bumbu yang digunakan dan juga rasanya. Bahannya pun sama, yaitu dari daging sapi pilihan dengan tekstur yang empuk. Bedanya, bacah daging disajikan dengan ketupat dan lalap sayur seperti kemangi maupun tomat.

10. Roti Canai

Roti Canai
Photo by Twitter Kawan IM3 Pku

Sekilas beralih ke manakan pengganjal perut, setelah membahas begitu banyak kuliner yang mengenyangkan. Roti canai dibuat dengan cara digoreng dengan sedikit minyak atau mentega, sedikit mirip dengan roti bakar. Roti yang satu ini disajikan dengan sambal kari kambing dengan citarasa gurih dan nikmat. Cara makannya cukup unik karena jauh berbeda dengan roti pada umumnya, yakni disobek dan di cocol ke saus tersebut.

11. Mie Lendir

Mie Lendir
Photo by Twitter 𝕟𝕒𝕟𝕒⁷

Di Batam, mie lendir cukup dikenal karena memang berasal dari daerah tersebut. Kuliner lezat yang satu ini menggunakan bahan baku mi, taoge dan telur rebus. Dinamakan mi lendir karena kuahnya sangat kental dan mirip lendir. Kekentalan dari kuah tersebut karena bahan yang digunakan tidak seperti halnya mi pada umumnya, yakni dengan campuran kacang dan umbi-umbian.

12. Sup Tunjang

Sup Tunjang
Photo by Twitter andreW pradanA

Sup tunjang merupakan makanan khas Riau yang berasa dari Pekanbaru. Keunikan dari kuliner yang satu ini yaitu dari daging yang digunakan, masih menyatu dengan tulang sapi. Rasanya sangat gurih karena proses memasaknya cukup lama sehingga membuat isian tulang bercampur dengan kuah. Selain itu, proses tersebut juga membuat daging semakin empuk dan tidak merepotkan ketika dimakan.

13. Mie Tarempa

Mie Tarempa
Photo by Twitter Arel

Riau cukup terkenal dengan masakan jenis mi, kali ini ada Mie Tarempa yang juga menjadi salah satu favorit wisatawan. Jika anda sering menemukan mi dengan siraman kuah, mie Tarempa tidak demikian. Mi yang digunakan tipis dan panjang, mirip dengan mi pangsit. Namun kali ini bukan dengan cara direbus, melainkan digoreng.

Bumbu yang digunakan cukup sederhana, yang utama hanya kecap, garam dan cabai. Satu hal yang menjadikan istimewa adalah dari tambahan kecambah dan irisan ikan yang sebelumnya juga digoreng.

14. Lempok Durian

Lempok Durian riau
Photo by Facebook Katarina Nambi

Dari hasil perkebunan, Riau juga dikenal akan durian siantan yang cukup lezat. Mirip seperti dodol, namun penggunaan durian tergolong cukup banyak sehingga menghasilkan rasa, bukan hanya aroma. Cara pembuatannya masih tradisional karena semua dilakukan secara manual, mulai dari mengupas durian, mencampurkan bahan-bahan yang dibutuhkan, hingga memasak menggunakan kuali besar.

Makanan ringan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke provinsi yang beribu kota di Pekanbaru tersebut. Apalagi tidak sulit menemukan Lempok durian, anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh terdekat.

15. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam
Photo by Twitter Masakan Indo&Jepang by inbox-san

Sesuai namanya, kuliner lezat yang satu ini berasal dari Batam, sebuah kota paling besar di provinsi Riau. Sop ikan Batam menggunakan bahan utama dari ikan tenggiri yang hanya diambil bagian daging saja, tanpa kulit.

Kuahnya bening dengan berbagai rempah pilihan sesuai resep turun-temurun dari daerah tersebut. Di dalam kuah, anda bisa menemukan daun selada dan potongan jeruk nipis. Selain itu, jenis kuliner ini tidak menggunakan sambal, melainkan cabai rawit yang direndam kedalam kecap asin.

16. Lakse

Lakse
Photo by Twitter Anisya Meirida

Dari perpaduan antara makanan Melayu dan Tionghoa, kepulauan Riau mempunyai jenis makanan unik, yaitu Lakse. Warna mi nya putih, berbeda dengan jenis mi lain yang kebanyakan kuning. Bentuknya juga berbeda, bulan dengan ukuran yang lebih besar.

Bahan utama dari kuah dari santan, sehingga menambah rasa gurih dari Lakse. Menurut sejarah, dinamakan Lakse karena bahan yang digunakan cukup bervariasi, mulai dari bumbu hingga pada saat penyajian. Lakse sendiri mempunyai arti banyak jika diartikan kedalam bahasa sansekerta.

17. Kerupuk Atom

Kerupuk Atom
Photo by Facebook Hasni Devita

Sepertinya anda juga pernah merasakan camilan khas Riau ini, karena saat ini banyak ditemukan di berbagai daerah. Kerupuk atom menggunakan bahan baku ikan tenggiri atau ikan tongkol yang merupakan tangkapan utama dari nelayan kepulauan Riau.

Seperti halnya kerupuk, teksturnya juga renyah dengan rasa gurih mantap. Bisa dikatakan bawah jenis kerupuk yang satu ini lebih gurih dari lainnya karena bahan ikan yang digunakan.

18. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
Photo by Twitter Masakan Indo&Jepang by inbox-san

Masih seputar makanan ringan, kali ini dari jenis kue, yakni bolu Kemojo. Bahan yang digunakan hampir mirip dengan pembuatan kue bolu pada umumnya, hanya ada tambahan labu kuning dan perasan santan. Dinamakan kemojo karena dibentuk mirip dengan bunga kamboja. Warnanya hijau, biasanya disajikan dengan taburan wijen di atasnya untuk menarik perhatian.

19. Roti Jala

Roti Jala
Photo by Twitter Masakan Indo&Jepang by inbox-san

Bukan tanpa alasan kenapa dinamakan roti jala, karena memang bentuknya mirip seperti jala ikan. Cara penyajiannya tidak umum sebagaimana roti biasa, kali ini menggunakan kuah kari yang merupakan makanan khas Melayu. Rasa yang didapat tentunya gurih dan agak sedikit manis dari roti tersebut.

20. Kue Asidah

Kue Asidah
Photo by Twitter Okezone

Ada yang beranggapan bahwa kue Asidah merupakan kuliner asli daerah Arab. Memang benar, namun sudah dimodifikasi dari bumbu yang digunakan ketika di Riau. Hampir mirip dengan roti, yakni terbuat dari adonan tepung. Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang sangat lembut sehingga meleleh di mulut ketika dimakan. Semakin nikmat ketika lelehan tersebut bercampur dengan variasi toping yang digunakan.

21. Kue Bangkit

Kue Bangkit
Photo by Twitter Okezone

Bahan utamanya dari tepung sagu dengan tambahan gula dan bahan pelengkap lainnya. Rasanya sangat manis dengan tekstur lunak, bahkan lumer ketika dimakan. Kue bangkit menjadi makanan khas Melayu yang sering ditemui di Riau. Ada alasan kenapa ada kata bangkit dari penamaan tersebut, yakni ukurannya bisa berkembang dua kali lipat setelah dipanggang di dalam oven.

22. Mie Sagu

Mie Sagu
Photo by Twitter key

Masih berbahan sagu, kali ini bukan bentuk kue, melainkan mie sagu. Cara pembuatannya juga sama dengan mie Tarempa, yaitu dengan cara digoreng. Rasanya gurih nikmat, apalagi cara penyajiannya diberi toping ikan bilis, daun kucai, dan juga taoge. Beberapa juga sering ditemui dengan toping udang dan diberi siraman kuah khusus dengan rempah pilihan.

Dari beberapa makanan khas Riau yang telah disebutkan diatas, anda bisa membuatnya sendiri dengan resep yang mudah ditemukan di internet. Beberapa juga mengharuskan anda untuk berkunjung ke provinsi yang masih di pulau Sumatera tersebut. Oleh sebab itu, jangan pernah lupakan daftar kuliner tersebut jika anda sedang berkunjung kesana.