22 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Terkenal Enak & Wajib Anda Cicipi

22 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Terkenal Enak & Wajib Anda Cicipi

Bentuk, bahan utamanya, dan rasa, itulah yang membedakan makanan khas Sulawesi Barat dengan jenis makanan yang ada di daerah lain. Sulawesi Barat tidak hanya terkenal dengan keindahan alam berupa pegunungan maupun pantai, namun juga kuliner nya. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung atau berlibur ke salah satu provinsi di Indonesia tersebut tanpa mencicipi segala jenis masakan yang ada.

Tidak banyak jenis masakan berupa lauk yang biasa dugunakan sebagai teman makan nasi atau lontong. Provinsi dengan ibukota Mamuju ini lebih banyak menyediakan jenis kudapan atau makanan ringan. Dengan demikian, bahan yang digunakan lebih banyak dari tepung dan gula dengan cita rasa manis. Namun bukan berarti tidak ada jenis kuliner dengan rasa lezat yang biasa digunakan untuk makanan pokok, Bau Peapi adalah salah satunya.

Ada jenis sayur, sambal, roti, dan juga lainnya, itulah berbagai kuliner yang bisa anda temukan. Lebih lengkapnya, berikut daftar makanan khas Sulawesi Barat beserta penjelasannya!

1. Tumpi Tumpi

Tumpi Tumpi
Photo by Facebook Ririn Cahyani

Entah dari mana aslinya makanan ini karena di Makasar juga banyak ditemui seperti halnya di Sulawesi Barat. Letaknya yang tidak berjauhan mungkin menjadikan kudapan nikmat ini mudah menyebar. Tumpi Tumpi berbahan dasar ikan teri yang dicampur dengan parutan kelapa dan rempah pilihan. Proses pembuatannya dengan cara digoreng, namun sebelumnya diberi kulit yang terbuat dari adonan tepung dan dibentuk segitiga.

2. Toppa Ikan Tuna

Toppa Ikan Tuna
Photo by cookpad.com

Apakah perlu ditanyakan bahan dasarnya? Tentu saja ikan tuna. Untuk membuat kuliner ini tidak sulit, ikan tuna yang sudah dibersihkan kemudian dimasak dengan berbagai rempah pilihan. Adapun rempah yang dimaksud adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan lainnya. Ciri khas dari Toppa Ikan Tuna berwarna kuning dengan rasa gurih dan nikmat. Warna tersebut dihasilkan dari campuran bumbu yang digunakan, bukan pewarna buatan.

3. Bau Peapi

Bau Peapi
Photo by Twitter Mandar_Sulbar

Telah disebutkan bahwa Bau Peapi termasuk salah satu makanan tradisional Sulawesi Barat yang dijadikan lauk nasi. Secara bahasa, Bau Peapi mempunyai arti ikan yang dimasak, jadi bisa dipastikan bahan utamanya adalah ikan. Jenis ikan juga tidak boleh sembarangan untuk menjaga citarasa khasnya, yakni dari ikan cakalang atau tuna. Kuliner asli dari suku Mandar ini termasuk salah satu jenis masakan berkuah dengan rempah pilihan.

4. Loka Sattai

Loka Sattai
Photo by Facebook Qillank Yasinmoga Ilham

Ada juga jenis makanan kudapan yang bisa menjadi pengganjal perut, namanya Loka Sattai. Terdiri dari dua kata, Loka berarti pisang, sedangkan Sattai artinya santan. Jelas sudah bahwa makanan ini terbuat dari bahan utama berupa santan dan pisang, tepatnya jenis pisang kepok. Cara membuatnya sangat mudah, cukup masak pisang kepok muda dengan air perasan kelapa tua yang disebut dengan santan.

5. Sambusa

Sambusa
Photo by Instagram The Horn

Dari tampilannya mirip Tompi Tompi dengan bentuk segitiga, begitu pula dengan kulit luarnya yang terbuat dari adonan tepung. Hanya saja kali ini tidak menggunakan ikan teri, melainkan ikan tuna atau cakalang. Cara penyajiannya juga berbeda, Sambusa disajikan dengan saus cuka sehingga rasanya ada gurih dan asam.

6. Golla Kambu

Golla Kambu
Photo by Instagram Afdalia | Pebisnis Online

Masih seputar kudapan, mungkin anda tidak pernah atau jarang mendengar nama Golla Kambu. Makanan ini terbuat dari bahan dasar parutan kelapa, beras ketan, dan kacang tanah. Setelah semua bahan dicampur, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara disangrai. Tambahan gula aren menjadikan makanan ringan ini mempunyai rasa manis, tentunya juga gurih karena ada parutan kelapa di dalamnya.

7. Sokkol Ubi

Sokkol Ubi
Photo by tagar.id

Kudapan lain yang mudah ditemui di Sulawesi Barat adalah Sokkol Ubi. Tidak banyak bahan yang dibutuhkan, hanya dari kacang hijau, parutan kepala dan pastinya singkong atau ubi. Semua bahan dicampur dengan sedikit tambahan gula putih. Cara masaknya dengan dikukus, namun sebelumnya dibungkus dengan daun pisang. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana rasanya, pastinya manis dan sedikit gurih.

8. Roti Pawa

Roti Pawa
Photo by Instagram Savitry ‘Icha’ Khairunnisa

Bagi penyuka manis patut bergembira ketika mengunjungi Sulawesi Barat. Selain dari yang telah disebutkan tadi, ada Roti Pawa yang juga mempunyai cita rasa manis. Sangat mirip dengan bakpao dari segi tampillan, yakni berbentuk bulat pipih dengan isian di dalamnya. Isian inilah yang juga membedakan antara keduanya. Roti Pawa hanya menggunakan isian dari parutan kelapa dan campuran gula, sedangkan bakpao saat ini banyak ditemukan isian yang bervariasi.

9. Jepa

Jepa
Photo by Twitter Dudi Hermansyah

Banyak sekali ditemukan makanan khas Sulawesi Barat yang menggunakan bahan dasar singkong. Bukan tanpa sebab, singkong merupakan komoditas utama di provinsi ke-33 di Indonesia ini. Jepa menggunakan bahan utama singkong dan parutan kelapa.

Memang banyak jenis kudapan dengan kedua bahan tersebut, namun kali ini proses memasaknya dengan cara dibakar. Secara keseluruhan rasanya gurih dan manis, tambahan gula aren menjadikan makanan ini berasa dominan manis. Selain disantap dengan gula aren, warga lokal juga memakan Jepa bersama Bau Peapi sebagai pengganti nasi.

10. Bolu Paranggi

Bolu Paranggi
Photo by Instagram #food #cakes #dessert

Jika anda tidak kenal dengan nama Bolu Paranggi, mungkin kenal dengan Beppa Paranggi yang merupakan nama lain dari makanan ringan tersebut. Bahan untuk membuat kudapan jenis kue ini antara lain gula aren, tepung beras, singkong, dan juga tape. Bentuknya imut dengan bagian atas sedikit mekar. Membuat camilan ini cukup mudah, campurkan semua bahan menjadi adonan, kemudian masukkan kedalam cetakan dan dikukus.

11. Lapis Mandar

Lapis Mandar
Photo by Facebook Usna Ranita Sari

Dari namanya sudah terlihat bahwa makanan khas Sulawesi Barat ini berasal dari Mandar. Termasuk jenis kue yang dibuat dengan bahan utama santan, tepung, telur, gula, dan pandan dalam bentuk pasta. Warnanya sangat menyejukkan, hijau karena ada bahan pandan di dalamnya. Lapis Mandar mempunyai rasa manis dengan tekstur lembut, cocok dimakan pada saat santai sambil ditemani teh hangat.

12. Kue Tetu

Kue Tetu
Photo by Twitter ichal_djharre

Apa arti Tetu dalam bahasa lokal? Perahu, itulah jawabannya. Kue Tetu berarti kue perahu. Namun bukan bahan dasarnya yang menggunakan perahu, melainkan bentuknya. Bahan utama yang digunakan yakni dari tepung terigu yang dicampur dengan gula aren serta gula pasir. Adonan yang sudah jadi kemudian dimasukkan kedalam cetakan berbentuk perahu. Uniknya, cetakan tersebut terbuat dari daun pandan sehingga aromanya menjadi khas dan menggugah selera.

13. Kue Kui Kui

Kue Kui Kui
Photo by celebes.co

Meskipun namanya terkesan lucu dan membingungkan, namun jangan tanya soal rasanya. Kue Kui Kui terbuat dari campuran tepung terigu dan santan yang juga diberi parutan kelapa. Adonan dimasukkan kedalam cetakan khusus dan dimasak dengan cara dibakar.

Setelah matang dengan ciri warna kecokelatan, kue kemudian diangkat dengan cara di pancong. Kue khas Sulbar ini rasanya gurih dan manis karena ada taburan gula ketika disajikan. Ditempat lain juga ada makanan seperti ini dengan nama yang diambil dari proses memasaknya, yakni kue Pancong.

14. Kue Paso

Kue Paso
Photo by Instagram Sastra Trotoar

Paso dalam bahasa Mandar berarti paku, Kue Paso juga bisa diartikan dengan kue paku. Memang bentuknya mirip paku, atau lebih tepatnya kerucut. Bahan utama yang digunakan antara lain tepung beras, santan, dan gula aren. Adonan yang sudah jadi dimasukkan kedalam cetakan berbentuk paku atau kerucut. Adapun cetakan tersebut terbuat dari daun pisang sehingga menjadikan rasa dan aromanya khas.

15. Kue Cucur

Kue Cucur
Photo by Instagram Tastemade Indonesia

Mungkin anda tidak menyangka bahwa Kue Cucur ternyata kudapan asli dari Sulawesi Barat. Hal ini dikarenakan banyak ditemui makanan jenis ini di daerah lain, seperti Jawa, Sumatera, dan bahkan Kalimantan. Menggunakan bahan utama berupa tepung beras yang dicampur dengan gula aren.

Setelah bahan tercampur sempurna, adonan kue ini kemudian dibentuk bulat pipih dengan bagian atas agak mengembang. Kue yang dimasak dengan cara digoreng ini berasa manis dan legit, pasti disukai anak-anak dan dewasa.

16. Bikang

Bikang
Photo by Instagram Afrydha Irma Yuni

Selain banyak ditemukan camilan dengan bahan utama singkong, di Sulawesi Barat juga mudah ditemui kudapan yang menggunakan bahan dasar berupa tepung beras. Sudah banyak yang telah disebutkan diatas, Bikang hanya salah satu diantaranya.

Uniknya, bahan pendukung yang digunakan hanya gula pasir. Meski demikian, jangan meremehkan soal rasanya. Kue yang dibuat dengan cara dipanggang diatas cetakan ini berasa manis dan sedikit gurih, pastinya nikmat dan membuat ketagihan.

17. Kalumpang

Kalumpang
Photo by Facebook Mhyla

Di kawasan Mamuju, Sulawesi Barat, anda harus mencicipi makanan dengan nama Kalumpang. Nama makanan ini diambil dari nama kecamatan yang ada di kabupaten Mamuju, yakni Kalumpang. Bahan utamanya dari olahan sagu, mirip seperti Papeda. Namun Kalumpang menggunakan rempah pilahan sehingga rasanya menjadi khas. Proses pembuatannya juga jauh berbeda, yang ini dimasak dengan cara dipanggang diatas alat yang terbuat dari tanah liat.

18. Apang

Apang
Photo by Instagram Kue Apang Bugis

Jangan heran jika anda pernah mendengar nama Apang, atau bahkan pernah merasakan kenikmatannya. Kue khas Sulawesi Brat ini sempat hits beberapa waktu lalu hingga sekarang. Bahan utamanya dari tepung beras dan gula aren. Memang simpel dan tidak banyak bahan, namun rasanya menggugah selera, apalagi ketika masih hangat. Kue tradisional ini dimasak dengan cara dikukus dan disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

19. Loko Anjoroi

Loko Anjoroi
Photo by detik.com

Tidak adil rasnya jika tidak menyebutkan makanan yang menggunakan bahan dasar lain selain tepung beras dan singkong. Lawar Kacci terbuat dari mangga muda yang diparut atau diiris tipis dengan campuran sambal. Bisa dikatakan bahwa makanan ini termasuk sambal mangga yang banyak ditemui di daerah lain. Bedanya, Lawar Kacci ada sedikit tambahan gula sehingga menjadikan rasanya sedikit manis.

20. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta
Photo by Twitter ᴮᴱ𝐃𝐄𝐀⁷ ⟭⟬•⟬⟭

Kalau anda ingin kuliner dengan citarasa ramai, Binte Biluhuta adalah jawabannya. Makanan khas ini terbuat dari bahan utama jagung manis. Dikenal juga dengan nama sup jagung karena memang ada kuah dalam proses memasaknya. Seperti halnya kuah, proses masaknya dengan cara direbus. Namun yang ini bukan hanya jagung saja yang direbus, melainkan berbagai jenis ikan, udang, dan sayuran yang telah diberi rempah khas.

21. Bua Rangas

Bua Rangas
Photo by Facebook RozMhawati Sirajuddin

Berikutnya ada jenis makanan ringan yang bisa dikatakan sebagai gorengan. Bua Rangas cukup banyak ditemui d daerah Majene karena memang berasal dari sana. Bahan utamanya dari kacang hijau dan adonan tepung. Kacang hijau yang sudah dimasak dan diberi tambahan gula putih dimasukkan kedalam adonan tepung. Cara masaknya dengan digoreng, maka dari itulah termasuk jenis gorengan.

22. Ikan Terbang Asap

Ikan Terbang Asap
Photo by Twitter abam

Selain ikan cakalang dan tuna, Sulawesi Barat juga dikenal sebagai penghasil ikan terbang, khususnya di Majene. Ikan ini diproses dengan cara di asap, namun sebelumnya sudah dibersihkan dan dibuang isi perutnya. Ikan Terbang asap sangat cocok jika dimakan dengan sambal pedas.

Itulah berbagai jenis makanan khas Sulawesi Barat yang umum ditemui di kawasan Mandar dan Majene. Bukan berarti di daerah lain tidak bisa ditemui, setiap kuliner lezat pasti akan mudah tersebar bukan? Itulah sebabnya saat ini anda bisa menemui berbagai masakan nikmat yang telah disebutkan, meskipun tidak sedang berada di kedua lokasi tersebut.