22 Makanan Khas Sumatera Barat yang Terkenal & Wajib Anda Coba

22 Makanan Khas Sumatera Barat yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Sudah pernah makan masakan Padang bukan? Itulah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang berasal dari kota Padang, sekaligus menjadi ibu kota dari Provinsi tersebut. Tentunya bukan hanya itu saja, masih banyak kuliner lezat lainnya yang patut anda coba ketika berkunjung kesana. Namun jangan khawatir, beberapa makanan tidak mengharuskan anda terbang ke wilayah yang banyak menggunakan bahasa Minangkabau tersebut. Pasalnya, banyak dari masakan yang terkenal dan dijual di berbagai daerah di Indonesia.

Sumatera Barat, atau disingkat dengan Sumbar merupakan salah satu provinsi yang banyak menarik wisatawan, baik asing maupun lokal. Banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi dengan berbagai data tarik tersendiri. Akan tetapi bukan itu yang menjadi bahasan utama kali ini, melainkan dari kuliner yang memiliki citarasa menggoda. Wilayah Sumbar yang terdiri dari perbukitan dan pesisir pantai menjadi faktor utama banyaknya masakan dengan berbagai keunikan dari masing-masing daerah.

Jangan heran jika kebanyakan kuliner dari provinsi yang mempunyai 12 kabupaten ini mempunyai rasa pedas. Hal ini dikarenakan warga di sana memiliki selera tinggi untuk rasa tersebut. Daripada penasaran, berikut beberapa makanan khas Sumatera Barat yang sangat menggugah selera.

1. Rendang

Rendang
Photo by Twitter Gulf Kanawut Indonesia FC

Di beberapa masakan Padang, pastinya anda menemukan jenis masakan yang satu ini. Berbagai versi menyebutkan bahwa rendang menempati posisi 50 terbaik makanan paling enak di seluruh dunia. Bahkan menurut CNN, masakan asli dari Minangkabau ini menempati urutan pertama dan berhasil mengalahkan sushi dari Jepang.

Nama Rendang sendiri diambil dari kata Marandang, yakni proses memasak dengan cara menghilangkan kandungan air yang dilakukan selama berjam-jam. Bumbu yang digunakan termasuk banyak, mulai dari kunyit, serai, bawang merah dan bawang putih, serta tambahan rempah pendukung lainnya. Bahan utama yang umum dijumpai dari daging sapi, namun ada juga yang menggunakan paru-paru.

2. Kacimuih

Kacimuih
Photo by Twitter Indonesia Kaya

Masih dari makanan khas dari Minangkabau, yaitu Kacimuih. Bagi anda pecinta kuliner manis disertai gurih, Kacimuih layak menjadi kuliner pertama yang harus diburu. Jenis makanan ini cukup simpel karena bahan utamanya dari singkong, parutan kelapa dan gula.

Singkong dikupas terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan gula dan dikukus hingga matang. Penyajiannya dengan taburan parutan kelapa di atasnya. Jika anda tau Sawut sebagai makanan khas Yogyakarta, seperti itulah Kacimuih yang ada di Sumbar.

3. Gajeboh

Gajeboh
Photo by Twitter #kulinerindonesia

Terbuat dari bahan utama daging sapi, namun hanya diambil bagian punuk nya saja. Alasannya, bagian tersebut mengandung banyak lemak daripada daging. Lemak sendiri menciptakan citarasa gurih alami, meski tanpa campuran penyedap atau bahan lainnya. Gajeboh juga dikenal sebagai gulai, namun tidak menggunakan santan sebagai bahan tambahannya. Jenis kuah yang digunakan yakni asam padeh dengan warna kemerahan alami dari cabai dan rempah lainnya.

4. Asam Padeh Daging

Asam Padeh Daging
Photo by Instagram Rosiana

Sedikit mirip rendang, namun asam padeh daging menggunakan kuah dalam penyajiannya. Bahan utamanya dari daging sapi, namun saat ini juga banyak ditemui yang menggunakan daging kambing, ayam dan bahkan daging ikan. Rempah khusus yang digunakan untuk menciptakan rasa asam diambil dari asam kandis.

5. Lompong Sagu

Lompong Sagu
Photo by Twitter eloise

Di Minang, Sumbar, ada jajanan tradisional yang mudah ditemui, namanya Lompong Sagu. Sesuai namanya, camilan yang satu ini menggunakan bahan utama tepung sagu dan dicampur dengan pisang, gula merah dan santan.

Setelah semua bahan dicampur dan diaduk rata, selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan akhirnya dipanggang. Penyajiannya disertai parutan kelapa di atasnya sehingga menjadikan rasanya tidak hanya manis, melainkan sedikit gurih.

6. Sate Padang

Sate Padang
Photo by Twitter HadrianNata

Apakah sate Padang sama dengan sate pada umumnya? Jika dilihat dari bahan utamanya, mungkin bisa dikatakan sama karena sate dari kota Padang ini juga menggunakan daging sapi. Namun jika dari bumbu, ada perbedaan yang cukup mendasar, yakni tanpa hadirnya kacang tanah. Selain itu, perbedaannya jelas terlihat dari penggunaan santan dan tepung beras untuk menjadikannya semakin kental.

7. Sate Lokan

Sate Lokan
Photo by Twitter #KelanaRasa

Lokan termasuk dari kategori kerang yang mudah di temui di pesisir pantai Sumatera Barat. Hewan bercangkang tersebut kemudian dijadikan sate dan dibakar layaknya sate pada umumnya. Namun sebelumnya, kerang terlebih dahulu direbus hingga matang. Sate lokan mempunyai citarasa gurih alami dari jenis kerang yang digunakan. Ditambah rempah pilihan khas Sumatera Barat, sate yang satu ini layak menjadi menu utama di malam hari.

8. Galamai

Galamai
Photo by Twitter gadihminangrancak

Bisa dikatakan Galamai mirip dengan dodol atau jenang yang banyak di temui di Jawa. Bahan yang digunakan juga sama, yakni gula aren, santan dan tepung beras. Begitu juga dengan proses memasaknya yang harus diaduk terus menerus hingga kental selama beberapa jam. Bedanya, ada taburan kacang tanah yang menjadikan rasanya semakin meriah.

9. Dadih

Dadih
Photo by Facebook Rizka Britania

Makanan tradisional khas Sumatera Barat berikutnya lebih mirip dengan makanan modern, yaitu Yogurt. Bahannya juga sama-sama dari susu, namun Dadih menggunakan susu kerbau yang telah difermentasi selama satu hari penuh. Cara pembuatannya jauh dari kata modern, susu yang telah diperas kemudian dimasukkan kedalam bambu dan ditutup dengan daun pisang. Dengan proses fermentasi, susu tersebut menghasilkan gumpalan halus dengan rasa gurih dan manis.

10. Gulai Paku Khas Padang

Gulai Paku Khas Padang
Photo by Twitter Aviatour

Bukan paku bahan bangunan yang dimaksud ya, melainkan tumbuhan paku yang juga dikenal dengan nama tanaman pakis. Makanan jenis ini banyak ditemui di kota Padang, seperti halnya rendang. Jenis tanaman yang dipilih juga harus yang masih muda, kemudian dimasak dengan bumbu gulai khas Padang. Uniknya, anda bisa menemukan toping berupa udang, ikan teri, dan bahkan ikan jambal di dalam kuahnya.

11. Gulai Cancang

Gulai Cancang
Photo by Twitter Zka

Masih di kota Padang, jangan lupa juga mencicipi makanan lezat dengan rasa cukup pedas dari Gulai Cancang. Bahan olahan kuliner yang satu ini dari daging sapi, dengan berbagai rempah gulai khas yang berwarna merah kecokelatan. Selain pedas, rasa Gulai Cancang cukup gurih karena adanya santan dalam kuah.

12. Lapek Bugih

Lapek Bugih
Photo by Twitter Simamora_Dahrin

Termasuk makanan pengganjal perut, Lapek Bugih terbuat dari beras ketan dan campuran santan. Setelah diolah dan diaduk merata, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Beberapa juga sering ditemui isian berupa parutan kelapa dan juga gula merah. Rasanya manis dengan aroma daun pisang yang khas.

13. Gulai Banak

Gulai Banak
Photo by Twitter Media Net ID

Banyak sekali masakan berjenis gulai yang mudah ditemukan di daerah Minangkabau. Selain dari gulai yang telah disebutkan diatas, Gulai Banak juga menjadi salah satu favorit wisatawan dengan rasa gurih sedapnya. Banak berarti otak dalam bahasa lokal, lebih tepatnya otak sapi jika dimaksudkan untuk jenis gulai yang satu ini. Selain gurih, teksturnya juga seperti otak sapi pada umumnya, yaitu lembut dan empuk.

14. Dendeng

Dendeng
Photo by Twitter Syifff

Selain menjadi ibukota dari provinsi Sumatera Barat, Padang juga berkontribusi penuh dalam hal kuliner lezat yang ada di sana. Dendeng merupakan salah satu bukti dengan citarasa gurih pedas tiada duanya. Bahan dasarnya dari daging sapi yang diiris tipis, kemudian dibumbui dan dikeringkan dengan api kecil. Selanjutnya, dendeng dijemur terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa dinikmati.

15. Martabak Kubang

Martabak Kubang
Photo by Twitter Panda Jajan

Martabak Kubang hampir mirip dengan martabak telur yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Beda dari keduanya yakni dari rempah atau bumbu yang digunakan. Kudapan yang juga dikenal sebagai martabak Mesir ini lebih kaya bumbu dengan citarasa khas Minang campuran timur tengah.

16. Bareh Rendang

Bareh Rendang
Photo by Twitter Daniel Irawan

Meskipun ada nama rendang, namun olahan jajanan yang satu ini jauh dari bumbu rendang seperti yang telah disebutkan diatas. Bareh rendang juga bisa diartikan sebagai beras rendang. Bahan utamanya tentu dari beras, tepatnya sudah berbentuk tepung.

Bahan tersebut dicampur dengan santan dan gula yang kemudian dimasak dengan cara disangrai. Sesuai dengan bahan yang digunakan, camilan yang cocok dijadikan oleh-oleh ini mempunyai rasa manis dan gurih.

17. Sala Lauak

Sala Lauak
Photo by Twitter Auliya Yudha Pratama

Sala Lauak merupakan salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang berasal dari wilayah Pariaman. Tidak sulit untuk membuatnya, anda hanya perlu ikan segar dan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Kedua bahan tersebut dicampur dengan bumbu pilihan dan dibentuk bulat, ada beberapa yang bentuknya pipih. Sebelumnya, ikan diambil durinya dan dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling. Proses terakhir yakni menggorengnya hingga matang dan siap disajikan.

18. Kalio

Kalio
Photo by Twitter Simpang Asia

Terdapat persamaan antara Kalio dan rendang, yakni dari proses pembuatan dan bumbunya. Bedanya, Kalio di sajikan sebelum kuah dari proses pemasakan tersebut kering atau habis. Dengan kata lain, Kalio merupakan rendang setengah jadi dengan citarasa yang tidak kalah nikmat.

Dari warnanya juga terlihat karena Kalio memiliki warna kecokelatan, dimana rendang lebih berwarna agak kehitaman. Untuk bahan yang digunakan, kuliner lezat ini menggunakan daging sapi, ayam dan beberapa juga ditambah jengkol.

19. Gulai Itiak

Gulai Itiak
Photo by Twitter Aviatour

Belum habis rupanya masakan dari jenis gulai dari Sumatera Barat. Gulai Itiak berbahan dasar itik yang masih muda karena dagingnya masih empuk. Itik yang sudah dibersihkan kemudian dibakar terlebih dahulu. Selanjutnya dimasak lagi menggunakan bumbu gulai khas Sumbar dengan rempah kunyit, daun salam, laos, jahe dan bumbu dapur lainnya. Jangan ditanya soal rasa, gulai Itiak pastinya gurih nikmat dan juga pedas.

20. Soto Padang

Soto Padang
Photo by Twitter 娜娜/Nana

Jangan heran jika setiap daerah mempunyai jenis makanan dari soto ya. Hal ini dikarenakan makanan tersebut sudah umum dengan bumbu dan rempah yang mudah ditemui. Selain itu juga rasanya nikmat dengan kuah yang menyegarkan.

Soto Padang tergolong unik karena bukan hanya daging sapi yang menjadi isiannya, melainkan juga perkedel. Kuah yang digunakan juga menarik, karena ada tambahan kaldu sapi yang menjadikannya semakin menggugah selera.

21. Nasi Sala

Nasi Sala
Photo by Instagram PARIAMAN

Masakan yang cukup populer dan banyak ditemui di Pariaman adalah nasi sala. Nasi disajikan dengan dibungkus daun pisang sehingga membuat aromanya lebih harum dan menggoda selera. Selain itu juga ada ikan sebagai lauknya, namun bukan ikan biasa, melainkan jenis ikan gembung yang digoreng dengan tepung. Nasi sala umumnya disajikan dengan sambal balado khas Padang.

22. Nasi Kapau

Nasi Kapau
Photo by Twitter Masakan Indo&Jepang by inbox-san

Banyak yang bertanya tentang perbedaan dari nasi Kapau dan nasi Padang. Tentu ada perbedaan yang mendasar dari keduanya. Dari jenis sayuran yang digunakan jelas terlihat, nasi Kapau menggunakan sayur kol dan kacang panjang, sedangkan nasi Padang memilih sayuran daun singkong. Selain itu, ada satu jenis masakan yang tidak ada pada nasi Padang, yaitu gulai Tambunsu.

Dari berbagai jenis makanan khas Sumatera Barat, daerah yang paling banyak memberikan kontribusi adalah suku Minang dari Padang. Meskipun demikian, bukan berarti wilayah lain tidak mempunyai kuliner khas tersendiri. Anda bisa menemukan salah satunya jika berkunjung ke Sumbar dan berburu kuliner di sana.